Sunday, October 17th, 2021

PRESS RELEASE MELAWAN ANCAMAN DUNIA DIGITAL DENGAN LITERASI DIGITAL 19 Juli 2021 – Tarakan

Moderator : Shabrina Anwari

Narasumber :

Local :

  1. Sarinah S.Pd,  Founder Komunitas One Person One Book
  2. Yasser Arafat, S.H., M.H,  Dosen Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan

Nasional :

  1. Rieka Roslan, Musisi

KOL : Adibah Rachman S.So, s Influencer

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (dr. H. Khairul, M.Kes                                                                                          Walikota Tarakan )

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  •  Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Tarakan melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Panelist 1 : Etika Digital : Bijak Di Kolom Komentar

– Rieka Roslan, Musisi

Moderator : Bagaimana penggunaan bahasa gaul dan kekinian yang menynggung atau tidak sesuai daerah tersebut itu bagaimana ?

Answer :

  •     Narsum 1 : kalo saya sedang mengajar selalu saya sampaikan, walau kita musisi ilmu sosial komunikasi adalah penting sekali karena kita harus tau cara bijaksana berbicara karena Indonesia banyak sekali penggunaan kata yang dikota sini bagus yang sini nggak, jadi gunakanlah bahasa Indonesia yang baku yang dimengerti semua orang karena kita sudah tetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita pake itu saja. Bahasa guyonan itu ngga papa yang penting kita tahu ini didengarkan banyak sehingga kita bisa merangkul menjadi public figure merangkul semua kalangan, kita sebagai pengajar, influencer, public figure, selalu mengingatkan kepada adik-adik, teman-teman yang mulai menggunakan sosial media hati-hati kalau ada yang masuk biasanya saya selalu jawab dengan bahasa tenang sekali tapi kalau 2,3 kali mereka nyolot biarkan saja karena tidak ada gunanya juga buat kita yang ada malah ngabisin energi kita.

Moderator : Melihat kondisi nitizen saat ini, menurut teh rieka gimana ?

Answer :

  •     Narsum 1 : Saya menemukan sebuah survey ada 16ribu responden dari 2020 di 32 negara Indonesia memasuki daftar nitizen paling tidak sopan se asia tenggara dan aku ngerasa sedih ya, jadi saya juga harus mengajar lebih berani ngomong ke murid-murid saya. Saya menyimpulkan bahwa masyarakat kita sudah pandai menggunakan sosial tools, tetapi masyarakat kita belum memahami sosial skills, sosial skills ini yang lagi kita bahas pemakai sosmed ini harus positif, membangun. Dan kita harus hati-hati dengan sosmed karena data diri kita terditeksi dalam jangka waktu yang lama atau juga bisa selamanya

Talks 2: Budaya Digital : Peran komunitas Akademik dalam Pendidikan di Era Digital

– Sarinah S.Pd,  Founder Komunitas One Person One Book

  • literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Tips mendidik anak di era digital :

– batasi waktu penggunaan gadget

– jadilah panutan yg baik

– jangan pernah menggunakan gadget sebagai alat penenang emosi anak

  • Tips mengatasi kecanduan gadget pada remaja :

– memperbanyak bersosialisasi dengan teman

– mematikan gadget sebelum tidur

– menghapus aplikasi yg menjadi penyebab kecanduan

– mengetahui dampak kecanduan gadget

 

Talks 3 : Kecakapan Digital : Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi Digital

– Yasser Arafat, S.H., M.H,  Dosen Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan

  •     Kendala yang biasanya terjadi saat akses internet :
  • Jaringan tidak stabil sehingga koneksi sering terputus
  • jaringan internet tidak selalu ada
  • terkendala biaya paket data
  • listrik padam/hujan jadi sinyal langsung hilang
  • tidak ada kendala sama sekali
  •     Literasi digital : kemampuan menggunakan TIK untuk menemukan, mengevolusi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif, etika, sosial emosional, dan aspek teknis atau teknologi.

 

Key Opinion Leader Keamanan Digital : Jenis-Jenis Penipuan di Internet dan Cara Mengatasinya

– Adibah Rachman S.So, s Influencer 

  • Bagaimana Sebuah Aksi Phishing Dijalankan?
  1. memilih calon korban
  2. menentukan tujuan phising
  3. membuat website phising
  4. calon korban mengakses website phising
  5. Calon korban mengikuti instruksi pelaku
  6. Data korban akan dimanfaatkan

 

  • Tips agar tidak menjadi korban phising
  1. Selalu update informasi terkait phising
  2. Selalu cek siapa pengirim email
  3. Jangan asal klik link yg diterima
  4. Pastikan keamanan website yg diakses
  5. Gunakan browser versi terbaru
  6. Waspada ketika dimintai data pribadi
  7. Cek akun online anda secara rutin
  8. Gunakan two factor authentication
  9. Lakukan scan malware secara berkala

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

QnA

Penanya :  Nama : Indra Cahya Yudistira

No Hp : 085608550017

Email : indracahya7830@gmail.com

Nara sumber : Yaser arafat

 

Pertanyaan : Di era pandemi seperti ini pembelajaran online menjadi opsi terbaik untuk menyukseskan pendidikan di Indonesia, tapi bagaimanakah solusi bapak atau pendapat bapak untuk siswa siswa yang berada di daerah sulit jaringan, dan bagaimanakah cara siswa2 yang berada di tempat susah jaringan mengakses materi pembelajaran?

Terima Kasih.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Kekurangan dari kita ya, wilayah yang luas tapi koneksi internet masih lemot. Bisa dibuat grup kelas dimana disitu saya selalu menyediakan waktu kapanpun untuk merespon semua pertanyaan yang diajukan oleh para siswa. Jadi dimana saja ada sinyal bagus siswa dapat mendownload materi yang diberikan di grup tersebut dan bisa aktif bertanya kapanpu apabila kurang paham

 

 

Penanya :  Nama : Andri Apriansah

No. HP : 082120224004

Email : apriansah119@gmail.com

Untuk narasumber : Kak Adibah

Pertanyaan : Banyak banget sekarang para orang tua maupun yang belum cukup literasi digital udah ngga aman datanya sama terlanjur bocor a.k.a pernah tertipu, nah gimana nih kak salah satu winning solution nya atau apa yang harus kita lakuin buat meminimalisir efek dan kedepannya.

Jawaban :

–          Narsum 1 : Sebaiknya temen-temen menggunakan akun real. Lebih berhati-hati memberikan data-data kita kepada situs-situs yang mencurigakan.

 

 

Penanya :  Nama : Riswan

No hp : 082253509115

Narasumber : ibu sarinah

Email : ryswann08@gmail.com

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang.

Di era sekarang kekurangan kesadaran untuk pengembangan literasi baik membaca lewat digital maupun buku sangat – sangat di sayangkan. Dan tidak banyak yang baca buku hampir dari semua tingkatan universitas di kalimantan utara hanyalah  beberapa yaitu aktivis – aktivis kampus. Ditambah dengan 1 tahun pandemi covid -19 dimana banyak mahasiswa yang kurang membaca karena menurut mereka sudah tidak penting digantikan dengan bermain sosial media. Pertanyaan saya, Apakah dari komunitas akademik bisa lebih mensosialisasikan perannya kepada mahasiswa – mahasiswa yang masih kurang kesadaran akan betapa penting literasi digital sekarang. Terkhusus untuk mahasiswa dan aktivis yang berdomisili di lingkungan masyarakat pedalaman. Sekian dan terima kasih.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Literasi baca di Indonesia masih sangat rendah diabndigkan dengan negara-negara mau lainnya. Komunitas kami pernah masuk ke daerah-daerah pelosok untuk mensosialisasikan akan pentingnya literasi , salah satunya mengenalkan buku-buku kepada siswa-siswa didaerah tersebut. Mereka pun sangat senang karena sebenarnya bukan karena mereka tidak mau namun lebih ke kurangnya akses terhadap literasi.

 

Penanya :  Nama dimas rusandra

Narasumber:  ibu rieka roslan

no.hp: 085604825416

Pertanyaan

berikan contoh konten yang cerdas,positif,kreatif,dan berguna bagi masyarakat dalam menghadapi dampak negatif teknologi​?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Saya sudah bikin kegiatan dengan komunitas musik diBandung dengan membbuat halaman musik rieka roslan. Dan sekarang saa sudah membuat platform streaming dimana karya-karya saya saya tuangkan di platform tersebut. Hal tersebut bisa membuat healing buat diri kita sendiri dan tidak hanya menyebar hoax di dunia digital saat ini.