Friday, December 3rd, 2021

PRES RELEASE-Konten Kreator : Kenali Aturan dan Batasannya -Nunukan, Kalimantan Utara-26 OKTOBER 2021

Moderator :  Septi Diajeng

LO : Junior

Runner : Andre & Fitroh

Narasumber :

Local :

1.Lufti Fahmi – Aktivis

  1. Andi Yakub – Aktivis

Nasional :

1.dr. Fiska Suratmono – Medical Doctor & Entreprenuer, Owner @the_crowm_clinic

KOL :

Olpie Puspitasari – MC, Presenter & Public Speaker

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

 

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D – Bupati Nunukan )

 

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Setempat melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Talks 1: Keamanan Digital : peran orang tua terhadap mengenai keamanan internet

  1. Fiska Suratmono – Medical Doctor & Entreprenuer, Owner @the_crowm_clinic
  • Belajar mengerti anak itu wajar dan sangat penting, Orangtua harus menjadi panutan, Jangan terlalu pasif terhadap anak, sering mengawasi dan mengontrol.

 

  • status ekonomi yang ada orang di Indonesia ini kan berbeda-beda Ya pasti ada adanya peran orang tua itu anak-anak yang masih ini ya masih kecil ya bergantung dengan sekolah dengan menulis tapi itu harus harus dari juga pasti itu ada peran dari orang tua Mamahnya lagi Lagian ada sekolah juga orang tuanya yang harus ia mengajarkan juga ini kepada putra-putrinya yang dia memang sabar-sabar ada yang orang tuanya bekerja Ada yang orang tuanya
  • semakin meningkat semakin meningkat Apakah ada ketergantungan apabila kita ambil hatinya atau marah kehilangan rasa sedih yang berlebihan kalau sampai seperti itu apa namanya emosi dia sudah masuk dalam rencana ya internet semakin bertambah semakin kita ambil baru kita kita seperti internet Bagaimana kalau diambil dan fungsinya sebagai

 

Talks 2:Budaya Digital : memahami multikulturalisme dalam dunia digital

Lufti Fahmi – Aktivis

  • Produksi Budaya di Ruang Digital

 

kemampuan untuk menduplikasi konten budaya, seperti memproduksi klip video dengan menggabungkan gambar dan materi audio, atau menulis pada beragam media daring, termasuk media sosial. Dan juga dapat berinteraksi secara mendalam dengan beragam perangkat, termasuk untuk menangani alur informasi budaya dan narasi budaya di beberapa jenis konten berikut sumber medianya.

  • Memproduksi konten budaya dalam kehidupan sehari-hari

 

o kemampuan produksi budaya dalam ruang digital membutuhkan dua keterampilan sekaligus, yakni keterampilan menghasilkan produk budayanya itu sendiri, kemudian memproduksinya dalam bentuk tampilan digital. Media sosial memiliki kemampuan untuk menayangkan produksi budaya dalam bentuk audio visual seperti terlihat di berbagai saluran.

 

o Produk budaya yang perlu dilestarikan, dan dapat didokumentasikan melalui media digital:

 

A: Berwujud

 

Mainan, kelengkapan rumah tangga, pecah belah/tembikar, instrumen musik, busana daerah, kegiatan olah raga, jenis-jenis masakan/makanan, artefak, seni sastra, seni kriya, seni tari, komik, film, permainan tradisional, seni teater (wayang, ketoprak, lakon, dll), dan lainnya.

Tak Berwujud

 

o Musik dan lagu, bahasa, logat/dialek, pola perilaku, kegiatan supranatural, dan lainnya.

 

 

Talks 3 : Kecakapan Digital : positif, kreatif, dan aman di internet

Andi Yakub – Aktivis

  • ancaman keamanan di internet

spionase

pervuriann pin, cc

pembajakan akun

virus

spionase lokasi

menyadap jaringan

akses data ilegal

  • tips dan trik internet aman

 

  1. gunakan internet untuk mengakses konten yang positip 2. hapus malware, pop-up & iklan yang tidak diinginkan

 

  1. validasi link mencurigakan 4. bahaya orang asing

 

  1. periksa pengaturan privasi anda

 

  1. ingat, posting itu permanen

 

  1. buat password kuat 8. jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi

 

  1. hati-hati terhadap berita palsu

 

  1. tahu cara memblokir atau melaporkan konten

 

  1. kenali saat waktu log off

 

 

Key Opinion Leader :

Etika Digital : Internet Addiction: How Much Is It too Much?

Olpie Puspitasari – MC, Presenter & Public Speaker

 

  • insomnia adalah gangguan tidur ketika kita tidak dapat bersitirahat. internet juga dapat membuat pengguna menjadi insomnia. kebiasaan internet setiap hari membuat kita jadi begadang. terutama yang bermain game atau sosial media. yang jika terbiasa, akan susah menghilangkan kebiasaan ini.
  • #mengatasi

 

  1. matikan notifikasi

 

  1. set komitmen

 

  1. buat aturan dengan keluarga atau teman dekat

 

a

 

  1. beri waktu untuk detoksifikasi tanpa internet

 

  1. miliki hobi

 

  1. atur kembali prioritas online

 

7.batasi waktu

 

  1. kenali pemicunya dan kurangi sedikit berlama-lama dengan internet
  • waktu ideal

 

* peneliti dari university of oxford bilang tidak perlu paranoid degan efek internet karna dengan menggunakannya pada durasi tertentu lewat data screen time. internet yang di gunakan secara benar banyak membawa dampak baik. durasi yang dilakukan untuk aktivitas online yang baik adalah 257 menit atau 4 jam 17 menit sehari agar tidak mengganggu kinerja otak, jika di gunakan secara moderat atau sedang-sedang saja.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh Moderator:

  • Tata tertib berlangsungnya webinar
  • Cara peserta memenangkan gimmick dan absen+posttest
  • Kesimpulan materi dari setiap narasumber

Penanya :  “#narasumber1

#Riani Qurotta’ayun-0896 6947 4624-rianiqurrotta’ayun@gmail.com

 

jika kita menemukan anak terlanjur terpapar dampak negatif internet, misalnya kecanduan pornografi. sedangkan dari luar anak kita adalah seorang yang baik dan berprestasi. bagaimana sebaiknya cara yang aman untuk menegur anak? yg saya takutkan anak akan terlukai harga dirinya jika kita langsung frontal menegur. dan justru bs berefek buruk terhadap prestasi disekolah. terimakasih

 

Jawaban : dr. Fiska Suratmono (Narsum 1)”

 

Jawaban : mengajak bicara dulu dan mnjelaskan efek negatif dari konten tersebut, jika dalam itu sudah menjadi kecanduan yang parah, bisa di bawa ke tenaga profesional dalam hal ini psikiater

 

Penanya :  “#narasumber2

#Icip Prasetyo-082251810615-lumbanglumbang70@gmail.com

 

Pertanyaan:

Banyak anak-anak saat ini menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi karena seringnya mereka melihat konten-konten yang menggunakan bahasa gaul di sosmed. Hal tersebut menyebabkan anak-anak tidak memperhatikan bahasa mereka ketika berbicara dengan orang yang lebih dewasa. Sebagai orangtua, bagaimana dalam menyikapi fenomena seperti ini? Serta bagaimana cara untuk menumbuhkan budaya literasi digital yang baik dalam kehidupan sehari-hari? Terimakasih.

 

Jawaban : Lufti Fahmi (Narsum 2)”

 

Jawaban :  aku pengetahuan kita terkait mengenai kebahasaan daerah maupun berbahasa Indonesia menjadi penting bagi kehidupan berbangsa dan bentuk pengetahuan pengetahuan tentang kebahasaan juga menjadi sangat penting bagi kita untuk menyebarluaskan konten yang berhubungan dengan tentang bahasa-bahasa agar kiranya tunggu kecintaan kita terhadap bahasa daerah tumbuh kecintaan kita terhadap berbahasa Indonesia agar kiranya juga pergaulan konten-konten di dalam media yang kemudian dibumbui dengan bahasa bahasa bahasa-bahasa gaul ini diproduksi sangat baik dan sangat masif sehingga ini yang kemudian mempengaruhi kita teman-teman kita kemudian mengikuti dan sangat berminat untuk mempelajari salah satu strategi juga sebaliknya bahwa Bagaimana bahasa Indonesia menjadi sebuah kreatif dan yang sangat menarik sehingga bisa menjadi diminati oleh teman-teman kita sehingga kita juga kita belajar

 

Penanya :  “#narasumber3

#Yesi Novianti-081380271636-yesinovianti@gmail.com

Pertanyaan : Bapak sibuk WFH, ibu sibuk dengan gadjet dan anak2 sibuk dengan belajar online, internet mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat,

Bagaimana mengatur pola agar kita lebih aktif dengan keluarga ketika waktu kumpul dengan keluarga, agar ada waktu family time?

terimakasih

 

Jawaban : Olpie Puspitasari (Narsum 3)”

 

Jawaban : Terima kasih ini adalah fenomena yang sudah 2 tahun terjadi pastinya Bapak lagi anak lagi dari ibu juga kadang-kadang juga lewat di situ tapi kan sudah dipastikan bahwa yang mereka lakukan dari hal ini adalah di jam-jam kerja berarti masih akan ada banyak waktu untuk keluarga yang bisa dimanfaatkan misalnya dengan bertumpu pada saat makan malam atau 11 sore Setelah semua sudah selesai pada saat jam kantor sudah selesai pastikan bahwa Makan malam adalah waktu yang tepat untuk ngobrol Santai dengan keluarga jadi ini adalah dibutuhkan masing-masing komitmen dari tidak hanya orang tua tetapi seluruh anggota keluarga tentunya ini akan menjadi satu hal yang bisa dijadikan habit atau dijadikan ritual bersama keluarga agar tidak ada kesenjangan karena internet gitu

 

Penanya :  “#narasumber4

#Ansie -089631879955-stenlymentang26@gmail.com

 

Pertanyaan ;  bagaimana tanggapan bapak,

Diera yang semakin digital ini marak sekali cybercrime seperti penipuan dan pencurian data pribadi untuk disalah gunakan, Adakah cara yang bisa lebih kita gunakan untuk menjaga baik media sosial kita atau data pribadi kita? Bagaimana cara memproteksi data digital kita  agar aman dari serangan kejahatan cyber, serta kebocoran data?

 

Jawaban :itu situs resmi itu selalu berada dalam standar keamanan yang sudah dibuat oleh pemiliknya tapi kalau misalnya memang sudah ada namanya model-model penipuan dengan cara menjiplak situs seperti situs asli yang biasa kita tapi ternyata ketika kita mengklik situs itu kita dibawa kepada situs yang sebenarnya desain semirip mungkin Jangan pernah kita kalau kita masuk dengan logika penyadapan telepon terus ada yang pink itu juga terjadi pada internet internet itu bisa disadap menggunakan uang elektronik

Jumlah participant terbanyak pada sesi ini : 141 peserta

Conclusion/Kesimpulan Webinar :

 

  • Kegiatan Webinar dimulai pada pukul 09.00 WIB
  • Peserta Registrasi pada H – 1 sejumlah : …….
  • Peserta Join Zoom sejumlah : 141
  • Peserta Registrasi pada saat setelah Webinar sejumlah : …….
  • Narasumber, KOL dan Moderator hadir di Webinar tepat waktu sebelum kegiatan dimulai.
  • Materi Narasumber yang dipaparkan lengkap pada saat kegiatan
  • Narasumber dr. Fiska Suratmono Memberikan pemaparan tepat waktunya
  • Narasumber Lufti Fahmi Memberikan pemaparan tepat waktunya
  • Narasumber Olpie Puspitasari Memberikan pemaparan kurang waktunya
  • Narasumber Andi Yakub Memberikan pemaparan tepat waktunya
  • Materi Narasumber semuanya sesuai dengan tema kegiatan
  • Pemenang Gimmick 10 orang sudah terdaftar, Siapa saja?
  • Kegiatan Webinar selesai pada pukul 10.52 WIB

 

Catatan pembelajaran kegiatan :

  • Kesalahan Teknis :

○        tidak ada

  • Kesalahan Non Teknis :

○        tidak ada

 

  • Sesi narasumber paling menarik dan alasannya

○        tidak ada

 

  • Sesi narasumber kurang menarik dan alasannya

○        tidak ada

 

  • Peserta yg mendapatkan Gimmick :

1          muhamad hafizh farhan            089606790717            mhafizhfarhan42@gmail.com

2          Riani Qurotta’ayun       089669474624            rianiqurrotta’ayun@gmail.com

3          ira dwi jayanti   083193906811            ira.dwijayantimult@gmail.com

4          Kevindra Arianto          08988126514  riantokevindr@gmail.com

5          Lili Surianti       085387229877            jumrilili90@gmail.com

6          Yesi Novianti    081380271636            yesinovianti@gmail.com

7          Ansie   089631879955            stenlymentang26@gmail.com

8          Nur Ahyana      tidak mengirim data

9          Benson Agaedup         0895383043070          bensonagae89@gmail.com

10        Icip Prasetyo    082251810615            lumbanglumbang70@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *