Saturday, January 29th, 2022

PRESS RELEASE-Mengenal Keterampilan Digital di Era 4.0-Kabupaten Nunukan – Kalimantan Utara-31 agustus 2021

Moderator : Dika Putra Wijaya

LO : Junior

Runner : Reza & Fitroh

Narasumber :

Local :

1 Aji Prasetyo

2.Made Diah Ayuni Karang, S.S.

Nasional :

  1. Insan Nur Akbar

KOL :

Fannisa Liviandra

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Program literasi digital menjadi jawaban atas era disrupsi teknologi saat ini.
  • Kehadiran pandemi dan berkembang pesatnya teknologi mengubah cara kita beraktifitas, sehingga teknologi sebagai bagian dari masyarakat.
  • Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk meningkatkan literasi digital pada masyarakat
  • Mendidikan masyarakat bukan hanya pada kemampuan menggunakan teknologi digital saja , namun juga bagaimana masyarakat cermat dalam menggunakan teknologi.
  • Adanya berbagai inisiatif kegiatan diharapkan semakin mendorong meningkatnya literasi digital masyarakat.
  • Mempersiapkan sdm yang sesuai dengan kecakapan era digital.
  • Dengan kondisi pandemi maka akan mempercepat pula proses tranformasi menuju era digital, maka dibutuhkan kerjasama yang bersifat menyeluruh dan kontinyu oleh segala elemen.

 

 

Welcoming Speech Oleh Bupati Nunukan

Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D

 

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

 

Panelist 1 :

Budaya Digital : penggunaan bahasa indonesia yang baik di dunia digital

( Insan Nur Akbar )

 

  • Jenis bahasa dalam dunia digital : formal, non formal, lisan, tulisan, dan bahasa tubuh. Pedoman penggunaan bahasa didunia digital : untuk apa, untuk siapa, kapan, dimana.
  • Dampak dunia digital dalam perkembangan pemakaian bahasa : munculnya banyak kosa kata baru kesepakatan arti pemakaian emoticon, kesepakatan arti pemakaian singkatan baru, semakin banyaknya pemakaian bahasa asing, the power of hastag, Tetap menjunjung tinggi norma kesopanan, paham dan tahu apa yang akan ditulis, berfikir mengenai dampak tulisan kita, efektif dan efisien, mudah dipahami orang lain.
  • Apa yang kita punya : wawasan, pengetahuan, kreativitas, tanggung jawab, Semua hal sangat penting, karena Potensi salah PANAFSIRAN KRANA SALAH TULIS, Potensi mis komunikasi, Potensi salah informasi, Potensi memicu ketersinggungan, Potensi memicu keributan antar individu atau golongan

 

 

Talks 2 :

Kecakapan Digital : Digital skill and Online learning, Basic digital skill for employment : Tools & Tips

( Aji Prasetyo )

 

  • Kemampuan untuk menggunakan perangkat digital, aplikasi komunikasi, dan jaringan untuk mengakses informasi. kita dapat membuat dan sharing konten digital. berkomunikasi, kolaborasi, pembelajaran daring, ataupun berkegiatan sosial dan yang penting menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan perangkat digital /teknologi.
  • Perubahan zaman dari analog ke digital System Post production dengan Artificial intelligence. Tempat kerja yang membutuhkan orang yang bisa mengikuti teknologi & perkembangan zaman Teknologi akan terus maju & memudahkan di dunia bisnis atau pekerjaan sehari-hari.
  • Kita membutuhkan untuk menguasai digital skill, karena Mempercepat proses yang awalnya membutuhkan waktu lama. Mempermudah pekerjaan yang semula amat rumit, Efisiensi sumber daya (biaya & waktu)
  • Tantangan di dunia maya Banyak berita bohong atau hoaks, Interaksi Kecakapan Digital, Kebocoran Data Pribadi
  • Digital skill disa pandemi : Membuat usaha bisnis kita bertahan di masa yang sulit. Keahlian yang paling di cari. Sangat diperlukan yang dulu profesinya tidak menuntut keterampilan digital misalnya bagi Pekerja seni & guru.
  • Keterampilan Digital di era 4.0 adalah suatu keahlian yang harus dimiliki seseorang tanpa mengenal usia. Jadikan keterampilan digital ini untuk membantu dan berbuat baik kepada orang lan.

 

Talks 3 :  Key Opinion Leader

Keamanan Digital : menganalisis kasus cyberbullying dan cara mengatasinya

( Fannisa Liviandra )

  • Cyberbullying bisa berupa : mengejek, melecehkan, mengancam, mempermalukan, melecehkan
  • Cyberbullying bisa terlihat seperti ini : Menyebarkan gambar/informasi negatif yang tidak benar tentang seseorang, Menyebarkan gambar/informasi untuk membuat orang lain malu, Mengirimkan pesan ancaman dengan maksud asli maupun palsu, Menyebarkan gambar/informasi personal sesorang untuk menghina orang lain
  • Apa yang di rasakan :
  1. Mental: stress, Depresi, Malu, Marah
  2. Emosional: Tidak Bahagia, Trauma
  3. Fisik: Sulit tidur, Gelisah & Cemas, Sakit Kepala
  • Bagaimana cara menghentikannya : Posisikan diri sebagai penerima pesanmu, Saring sebelum Sharing, Menyadari bahwa kita tidak bisa mengontrol orang. Bullies in our area!, Memanfaatkan tools platform untuk menyaring informasi, You, your own responsibility.

Talks 4 : Etika Digital

Sudah tahukah kamu dampak penyebaran berita hoax?

( Made Diah Ayuni Karang, S.S )

  • memprioritaskan isi artikel daripada sumber berita, Suka berbagi, malas membaca, Membaca judul yang provokatif, Terlalu cemas terancam bakal terjadi bahaya, Mengikuti Tren, Paling update, ingin pengakuan, Nggak ada kerjaan & pegang gadget seharian.
  • Beberapa jenis hoax di sekitar kita :
  1. Satir merupakan konten yang dibuat sebagai sindiran pada pihak tertentu. Konten yang dimuat dikemas dalam unsur parodi, ironi bahkan sarkasme.
  2. Misleading content atau konten menyesatkan adalah penggunaan informasi untuk membingkai suatu isu atau pihak.
  3. Sesuai dengan namanya, false context menggunakan informasi asli namun disebar dalam konteks yang keliru.
  4. False Connection, Berita bohong semacam ini biasanya dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan berupa profit atau ekspos berlebih dari konten sensasional.
  5. Imposter Content, Konten tiruan atau imposter content mendompleng ketenaran suatu pihak.
  6. Manipulated Content, Biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel.
  7. Fabricated Content, fabricated content termasuk konten dengan menciptakan informasi baru yang sama sekali tidak dapat dipercaya.
  • hoax dapat menimbulkan kecemasan dan memicu kepanikan publik. ada beberapa cara untuk menghindari hoax, yaitu Hati-hati dengan judul provokatif, Jangan mudah percaya,Hati-hati membagikan informasi

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

 

Penanya :

NAMA : Amiroh

NARASUMBER : INSAN NUR AKBAR

 

PERTANYAAN : Bagaimana cara menyikapi adanya perluasan dunia digital saat ini dan bagaimana menjauhi dampak buruk dari dunia digital itu?

Jawaban :

Sebenarnya yang bisa kita lakukan adalah kita benar – benar memfilter apa yang mau kita posting dan kita harus tau konsekuensinya dari postingan kita ini akan menimbulkan pro dan kontra karena kita tidak bisa memaksakan pandangan orang sama dengan kita, karena kadang kita posting yang positif saja kadang dikira negatif apalagi jika kita memposting hal yang aneh. Selain itu pilihlah teman – teman yang baik dan kita kenal supaya bisa support kita dan bisa membantu kita on track. Kita bisa tanya pendapat teman – teman kita karena teman dekat in orang yang bisa kita percaya.

 

Penanya :

NAMA : Mirnawati

NARASUMBER : AJI PRASETYO

 

PERTANYAAN :Terkait akun media sosial yang terlalu menerapkan security double, sehingga terkadang org yg benar-benar pemilik akun tersebut kesulitan masuk melalui perangkat berbeda. Seperti, Facebook menganggap perangkat yang baru adalah pelanggaran. Dan ini sering terjadi, lalu bagaimana cara mensiasatinya?

Jawaban :

Saat ini memang penggunaan media sosial seperti facebook mereka lebih teliti dengan menggunakan akun – akun yang bisa dibilang palsu. Artinya ketika kita loging satu akun dengan dua gadget memang sesuatu yang dianggap sistem suatu kesalahan sehingga perlu ada konfirmasi kembali kepada pemilik akun itu untuk mengantisipasi terjadinya peretasan.

 

Penanya :

NAMA : heri wibowo

NARASUMBER : FANNISA LIVIANDRA

 

PERTANYAAN : kak bagaimana menyikapi anak yang sering di bully oleh temannya tapi dia tidak mau bercerita kepada org tua atau keluarganya padahal anak tersebut sudah tertekan sekali hidupnya karena di bully temannya, apa yang harus kita lakukan?

Jawaban :

Biasanya orang yang membully adalah korban bully juga. Biasanya dia tidak bisa melampiaskan ke orang yang membully dia jadi dia membully orang lain. bisa juga dia memiliki masalah dalam dirinya yang mengakibatkan kemungkinan iri dengan orang yang lebih berhasil.

 

Penanya :

NAMA :Salahudin

NARASUMBER : MADE DIAH AYUNI

 

PERTANYAAN : apakah kecanggihan teknologi komunikasi sangat berpengaruh bagi tersebarnya hoax  dan peran serta generasi muda dalam menanggulangi hoax ?

Jawaban :

Memberikan pandangan dan mengarahkan pada pengguna internet pemula. bahwa internet tidak hanya untuk penggunaan media sosial saja, penjelajah informasi saja tapi juga bisa untuk bisnis dan mencari jaringan usaha yang lainnya.

 

 

Jumlah participant terbanyak pada sesi ini :

53

 

Conclusion/Kesimpulan Webinar :

1              Kegiatan Webinar dimulai pada pk. 13.00 WIB

2              Peserta Registrasi pada H – 1 sejumlah : …….

Peserta Join Zoom sejumlah : 53

Peserta Registrasi pada saat setelah Webinar sejumlah : …….

3              Narasumber, KOL dan Moderator hadir di Webinar Tepat waktu sebelum kegiatan dimulai.

4              Materi Narasumber yang dipaparkan Lengkap pada saat kegiatan

5              Narasumber Insan Nur Akbar Memberi pemaparan 26 menit

Narasumber Aji Prasetyo Memberikan pemaparan tepat waktunya.

Narasumber Fannisa Liviandra Memberikan pemaparan < 20 menit

Narasumber Made Diah Ayuni Karang, S. S. Memberikan pemaparan tepat waktunya

6              Materi Narasumber semuanya sesuai dengan tema kegiatan

7              Pemenang Gimmick 10 orang sudah terdaftar, Siapa saja?

8              Kegiatan Webinar selesai pada pukul 15.17 WIB

 

Catatan pembelajaran kegiatan :

  • Kesalahan Teknis :
    • TIDAK ADA

 

  • Kesalahan Non Teknis :
    • tidak ada

 

  • Sesi narasumber paling menarik dan alasannya
    • tidak ada

 

  • Sesi narasumber kurang menarik dan alasannya
    • tidak ada

 

  • Peserta yg mendapatkan Gimmick :

 

  1. bambang triadi

089523239107

bambangtriadi07@gmail.com

 

  1. Retni Pakaya

085248603733

pakayaretni@gmail.com

 

  1. Amiroh

087770984334

amirohamiroh062@gmail.com

 

  1. Armansyah

082343214684

armansyah.mansur@gmail.com

 

  1. Mirnawati

085346863254

mwati2472@gmail.com

 

  1. ARIS WIBOWO

085236726026

arisw3781@gmail.com

 

  1. heri wibowo

089523239106

heriwibowo06@gmail.com

 

  1. Muh Rizky Ibnu arabi

085335325957

arabiibnu580@gmail.com

 

  1. RAHMATAGUNG

081255555799

rahmatagung365@gmail.com

 

  1. Salahudin

082158080506

salahudinmohammad93@gmail.com

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.