Friday, December 3rd, 2021

PRESS RELEASE-Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital -Bulungan – Kalimantan Utara-26 agustus 2021

Moderator : Reza Rahman

LO : JUNIOR

Runner :

Narasumber :

Local :

  1. Sunjono, S.Pd., M.Si

2.Abdullah, S.Kom

Nasional :

  1. Restu Triandy (Andy /rif)

KOL :

Purnomo, S.P

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

  • Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika:
  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

 

Welcoming Speech Oleh Gubernur Kalimantan Utara

Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H.,M.Hum

  • di era digital saat ini banyak konten-konten negatif yang bisa merusak kehidupan masyarakat maupun kehidupan berbangsa dan bernegara
  • pemerintah diwajibkan untuk mendorong dan mengembangkan pengetahuan masyarakat di bidang teknologi informasi dan komunikasi. serta dalam rangka memacu tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru
  • pemerintah dalam hal ini kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia telah meluncurkan program indonesia cakap digital. guna untuk mewujudkan pengetahuan masyarakat dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

Panelist 1 : Kecakapan Digital : Positif, Kreatif, & Aman di Internet

(Restu Triandy) (Andy /rif)

 

Moderator : Apa saja yang termasuk Positif, Kreatif, dan Aman dalam berinternet?

Answer : pintar dalam berinternet, yang menarik dan bagus. tetap mengikuti etika-etika yang berlaku. positif nya memperluas wawasan, update, bisa share informasi. yang kita share harus baik untuk menjalin pertemanan. bisa masuk juga untuk sisi komersial untuk pemasukan kita. jangan masuk ke ranah yang tidak kita kuasai, nimbrung atau komen yang kita tidak paham. kalau tidak paham ya sudah. kalau kita menguasai baru kita share postingan-postingan tersebut

Moderator : Mungkin bisa diberikan contoh2nya sedikit kak?

Answer :  kalau musisi menyerahkan untuk di cover tidak apa-apa. kalau untuk lagu saya sendiri saya silahkan, saya hanya ingin berbagi kreativitas saya pada teman-teman.

Moderator :Mengingat kakak adalah seorang publik figur yang dikenal di kancah Industri Musik Indonesia, pernah ga sih bersinggungan dengan hal yang kontra dari topik? Seperti hal yg negatif dan membahayakan di Internet?

Answer : ada beberapa, tapi selama ini konten-konten yang saya posting di sosmed berhubungan dengan ,musik. sisi lain adalah hobi saya kesenangan saya untuk follower-follower saya. selama ini belum ada yang parah sih, kalau nyeleneh di luar dugaan ada. boleh berkomentar, tetapi lihat dulu baru berkomentar. berhati-hati dalam posting agar saya nyaman yang baca juga nyaman. banjirilah dengan konten-konten yang membangun yang positif, agar nama saya tidak buruk dan fans-fans saya jelek juga.

Moderator :Dan bagaimana menanggulangi hal tersebut?

Answer : harus berhati-hati, netizen baik itu belum tetapi pengguna internet banyak anak-anak muda sekarang sangat cepat sekali belajar melakukan internet lebih cepat daripada orangtua. banyak mereka share yang tidak mereka pahami, setuju dengan hal yang tidak mereka pahami. harus berhati-hati masih berapa persen menurut saya bisa dikatakan aman.

Moderator :Ada contoh kasus, dimana kita bisa melaporkan atau me-report konten yang dirasa tidak pantas, atau buruk untuk pembacanya, mungkin tidak seorang content creator didakwa dengan hal tersebut? Let’s say, itu termasuk dalam “hate speech” atau ajakan kebencian.

Answer :kalau mendapat komen yang tidak pantas kita hiatus mengkaji lagi, mengapa orang berkomentar seperti itu di postingan2.  walaupun itu benar jelaskan. sebelum memposting sesuatu harus berhati-hati dulu. apa yang kita yakini kita pahami baru share jangan yang tidak kita pahami.

Moderator :Ada tips dan saran untuk teman2 di rumah?

Answer : bijak dulu dalam bersosial media, jangan mengikuti berita-berita yang hoax, santun dalam berkomentar, buatlah konten-konten atau posting sesuatu yang baik yang menguntungkan kita. jangn hanya balas-balasan postingan saja, tetapi lihat apa yang positif yang bisa membangun. melakukan yang positif seperti jualan barang jualan jasa. banyak yang bisa kita lakukan dengan internet yang luar biasa saat ini.

Talks 2 : Budaya Digital : literasi digital bagi pendidik dan anak didik di era digital

(Sunjono, S.Pd., M.Si)

  • 4 tahap revolusi industri : Industri 1.0 Mesin uap, Tenaga air, angin, dan, matahari (1784), Industri 2.0 Energi listrik untuk produksi massal (1870), Industri 3.0 Teknologi informasi dan elektronika yang diterapkan pada sistem otomatik produksi, Industri 4.0 Teknologi digital, teknologi wireless dan big data secara masif  yang terintegrasi dengan kegiatan manufaktur (2000 – sekarang)
  • Tantangan pembelajaran di era pandemi
  1. Sekolah : Keterlambatan dalam penanganan perbaikan fasilitas sekolah, masih paper based, jejaring belum online dengan mitra DUDI, sarana PJJ belum tersedia
  2. Siswa : Capaian belajar rendah karena tidak mempunyai akses ke pembelajaran daring/elektronik
  3. Orang Tua : Tidak semua orangtua bisa membimbing dan mengajar, tidak punya/tidak tersedia sarana pembelajaran elektronik, tidak mampu menggunakannya.
  4. Guru : Tidak tersedia sarana mengajar secara elektronik, belum siap dengan metode dan materi digital untuk disampaikan kepada siswa.
  • Pendidik harus memiliki sistem penilaian dan pelaporan berbasis teknologi sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi, mengenali dan memenuhi kebutuhan pembelajaran peserta didik
  • “Education has its own object for character formation” kata Herbert Spencer – Filsuf Inggris. Jadi pendidikan harus dimaknai dalam arti luas sebagai rekayasa sosial membentuk karakter peserta didik.
  • Pendidikan menghadapi tantangan perubahan yang sangat drastis dalam lima tahun terakhir. Perkembangan teknologi informasi mengubah gaya hidup masyarakat.

 

Talks 3 :  Key Opinion Leader

Etika Digital : bijak sebelum menggunakan media sosial

(Purnomo, S.P)

  • Pilih-pilih pesan : Sebelum kita membagikan sesuatu kita harus memilih, membaca ulang. Jangan sampai apa yang kita posting itu ada data pribadi kita di dalamnya yang tanpa kita sadari terbagikan. Contohnya seperti KTP. Tetap berpikir kritis : Yaitu pengguna media sosial harus memiliki sikap kritis dan juga harus mau berfikir sebelum sharing konten.
  • Jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya, Buat para pelaku sosial media yang suka sekali mengambil kuotes atau sumber-sumber yang valid. Misalnya musik, film, berita dll. Perhatikan dalam penggunaan gaya bahasa, Dimana kita harus selalu santun dan tidak menyebarkan ujaran kebencian dalam konten/media sosial.
  • Perjelas nama dan foto profil, Saya menyarankan dan saya percaya ini bisa menjadi sebuah etika yang baik kalau kita membuat akun sosial media dengan sebuah kejelasan

Talks 4 : Keamanan Digital : Tips dan trick menghindari penipuan digital

(Abdullah, S.Kom)

  • Kebocoran data bisa terlihat dari NIK, nama, alamat, no.hp, password, npwp, dan email.
  • Kebocoran bisa terjadi akibat Unpatched Old Vulnerability, human error, malware, ada orang dalam, Pyshical Theft
  • Human error bisa terjadi akibat penggunaan password yang tidak aman, mengirim informasi sensitif kep penerima yang salah, sharing password, instal aplikasi yang tidak terpercaya, phising
  • Teknik scam/penipuan yang harus kita ketahui : membuat seseorang percaya dengan kita atau bisa tergila-gila dengan penawaran kita, menawarkan hadiah yang besar tanpa membayar biaya apapun, mengancam seseorang sehingga mau melakukan hal yang diminta oleh penipu.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Menyampaikan tata tertib acara
  • mengumumkan cara mendapatkan hadiah gimmick ke peserta
  • membacakan kesimpulan yang dipaparkan oleh para narasumber

 

Penanya :

NAMA : Ignasia

NARASUMBER : andy rif

 

PERTANYAAN :Kak Andy mengatakan bahwa saat ini sedang menjalankan konten konten di media sosial,seperti di instagram dan di youtube. Ketika mendapatkan hate komen,bagaimana cara Kak Andy menanggapi hate komen tersebut? Dan saya ingin meminta tips dari kak Andy gimana caranya biar kita bisa konsisten dalam menjalankan tugas kita sebagai kreator youtube? Terimakasih Kak. Sehat selalu

Terimakasih juga untuk semua tim yang sudah bekerja demi kelancaran acara pada hari ini😁😁😁

Jawaban :

Saya akan memberi pengertian dan jawab dengan penjelasan jika tidak sesuai menurut dia lalu untuk konsisten konten yaitu sesuaikan dengan skill kita, misal tutorial membengkel mobil. Kalau dengan budaya misal dengan jalan – jalan, jadi tetap pada ruang lingkup bakat kita jadi jangan buat konten yang kalian kurang paham, jadi jika ada komen kritik kita juga bisa menjawabnya.

Penanya :

NAMA : Darazatin Husni

NARASUMBER :sunjono

 

PERTANYAAN : Bagaimana cara mendidik anak di bawah umur dengan media digital di beberapa tahun ke depan, mengingat Generasi Z sudah terlalu banyak mendapatkan informasi dari mana-mana, bahkan melebihi kami para generasi sebelumnya?

Jawaban :

Untuk dunia pendidikan tentunya sebagai orangtua./ pengasuh harus memahami anak karena dengan usia yang sesuai dengan kemampuan memahami, kita harus pahami. Jika anak masih dini kita harus intens mengawasi lalu kita lihat perkembangan anak lalu jika anak smp dan sma kita sudah memberi pendidikan karakter karena di dalam dunia pendidikan ada kelompok orang tua dan yang menangani disekolah.

 

Penanya :

NAMA :Darazatin Husni

NARASUMBER : purnomo

 

PERTANYAAN : jika kebebasan berpendapat kita diatur dan dibatasi, apakah itu juga masih bisa disebut dengan kebebasan berpendapat?

Jawaban :

Jadi saya rasa kita tidak dibatasi untuk berpendapat, karena saya sebagai content creator saya tidak merasa dibatasi, dan orang yang merasa dirinya dibatasi itu orang yang menyampaikan ujaran kebencian dan provokasi jadi dia merasa dibatasi dan tidak bebas, jadi yang dibatasi disini bukan karyanya namun agar karya yang kita keluarkan tidak menimbulkan kerugian untuk orang lain

 

Penanya :

NAMA : nuning

NARASUMBER : abdullah

 

PERTANYAAN :  bagaimana cara yang dapat kita lakukan jika ingin menghindari penipuan dari belanja online, dan jika sudah menjadi korban apa yang sebaiknya apa yang harus kita lakukan?

Jawaban :

Hal yang pernah saya tangani jika pembayarannya bisa ditracking kita harus datang ke Bank untuk mediasi, bahwa cek rekening yang mau ditransfer yang kedua  kita bisa urus di kantor polisi jika tidak bisa mediasi ke Bank namun kita harus punya bukti yang kuat. Jadi jika ingin belanja online gunakan marketplace yang aman, karena nanti dana kita akan ditahan marketplace sampai barang kita sampai.

 

 

Jumlah participant terbanyak pada sesi ini :

230

 

Conclusion/Kesimpulan Webinar :

  1. Kegiatan Webinar dimulai pada pk. 13.00 WIB
  2. Peserta Registrasi pada H – 1 sejumlah : …….

Peserta Join Zoom sejumlah : 230

Peserta Registrasi pada saat setelah Webinar sejumlah : …….

  1. Narasumber, KOL dan Moderator hadir di Webinar Tepat waktu sebelum kegiatan dimulai.
  2. Materi Narasumber yang dipaparkan sesuai tema pada saat kegiatan
  3. Narasumber Restu Triandy (Andy ‘/rif) Memberikan pemaparan tepat waktunya

Narasumber Sunjono, S. Pd., M. Si. Memberikan pemaparan tepat waktunya

Narasumber Purnomo, S. P. Memberikan pemaparan < 10menit

Narasumber Abdullah, S. Kom. Memberikan pemaparan tepat waktunya.

  1. Materi Narasumber semuanya sesuai dengan tema kegiatan
  2. Pemenang Gimmick 10 orang sudah terdaftar, Siapa saja?
  3. Kegiatan Webinar selesai pada pukul 15.03 WIB

 

 

Catatan pembelajaran kegiatan :

  • Kesalahan Teknis :
    • tidak ada

 

  • Kesalahan Non Teknis :
    • tidak ada

 

  • Sesi narasumber paling menarik dan alasannya
    • tidak ada

 

  • Sesi narasumber kurang menarik dan alasannya
    • tidak ada

 

  • Peserta yg mendapatkan Gimmick :
  1. Pia pratiwi_087723581130_piapratiwi@yahoo.com
  2. Ignasia_085250747583_ignasianovemthrees@gmail.com
  3. Ghina Hamisah_081350456196_ghinaahamisah@gmail.com
  4. Maya GS_081347003286_gsmaya86@gmail.com
  5. Erica Prihatin_085349487765_ericachrist22@gmail.com
  6. Darazatin Husni_082230358512_raashallshall@gmail.com
  7. Rahmah Dahlia_081252237339_rahmahdahlia69@gmail.com
  8. Gunawan_082122880914
  9. Ilham Setiawan _ 081324272789_setiawanilham223@gmail.com
  10. nuning_081220878863_mnnuning@gmail.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *