Saturday, January 29th, 2022

PRESS RELEASE-Menerapkan Literasi Dalam Masyarakat di era 4.0-Nunukan Kalimantan Utara -10 Ags 2021

Moderator : septi diajeng

LO : Junior

Runner : reza, fitroh

Narasumber :

Local :

  1. Dini Rosita Sari spd
  2. Hidayati spd

Nasional :

  1. Grandika Primandani

KOL : Indri Nadya Arisa

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika:

  • Kementrian Kominfo yang bekerja sama dengan Siber Kreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Nama, Jabatan)

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan

 

Talks 1: Digital Safety : Pentingnya Pemahaman Membedakan Informasi Hoax

– Grandika Primadani  –    Oil and Gas Professional

  • memahami atau menjadi warga net atau organisasi yang bertanggung jawab terutama di Eropa seperti sekarang ini kita minimal 5 jam sehari kita akan teks pulsa oleh teknologi media sosial seperti Facebook merupakan saluran yang paling diminati udara penyebaran itu pula dengan aplikasi chatting Misalnya ini juga merupakan salah satu channel yang sering dipakai hal ini tidak lain banyaknya komunikasi memudahkan untuk menyebarkan informasi masyarakat yang lebih luas Kenapa masih banyak bertebaran di masyarakat pada saat ini tentunya kita sudah melihat Bagaimana cara yang dilakukan pemerintah yang lain ini sudah mencoba untuk menanggulangi Namun kita melihat ada banyak tentunya ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor dan banyak
  • gimana ini hanya untuk sekedar misalnya yang berubah atau jadi tujuannya hanya ingin untuk merasakan masyarakat atau menimbulkan kekecewaan masyarakat tanpa pemikiran yang panjang di mana kita semua banyak sekali dalam tekanan baik kesehatan maupun finansial penyebaran juga mau tidak mau juga dikaitkan dengan perekonomian cara mendapatkan yang jadi kita lihat banyak sekali orang-orang yang kurang bertanggung jawab di sana menyebarkan hoax ini hanya untuk berburu atau sosial media untuk menghasilkan uang dalam waktu yang singkat dan yang paling berbahaya dan tentunya bagaimana karena adanya Ideologi dan politik di mana Ini juga dipakai untuk kepentingan tidak hanya merubah pandangan terhadap sesuatu tapi juga mempengaruhi ideologi politik seseorang yang banyak sekali melihat elemen-elemen tersebut
  • tentunya ini beberapa tips yang bisa kita lakukan sekarang membaca informasi baik dewasa maupun media digital lainnya kita bisa memanfaatkan unsur 5W dan 1H dalam membaca sebuah berita Apakah esensi esensi dalam bidang tersebut dipenuhi jika misalnya ternyata ada salah satu Elemen yang tidak ada berita tersebut mengandung unsur sekarang mungkin sudah di aplikasi atau sudah dimodifikasi yang tidak sesuai dengan yang kita bisa melihat Sumber berita dari biasanya diberikan dengan mengetahui misalnya seseorang menuliskan dan sebagainya itu menjadi salah satu kunci jadi kita bisa meyakini bahwa orang tersebut adalah informasi ini juga bisa juga dengan komfirmasi pihak terkait

 

Talks 2: Kecakapan Digital : Dampak Positif Bermedia

– Dini Rosita Sari, S.Pd   – Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Nunukan

 

  • kamu bisa menunjukkan kepada dunia apa sih keunikan kamu apa yang kamu miliki apa yang kamu tawarkan kepada dunia kepada orang lain di sinilah kita bisa kita disana membangun citra diri kalau kita mungkin suatu saat ingin menjadi seorang yang dikenal sebagai menyukai gaya hidup sehat kalau kita ingin mempengaruhi orang lain kita membangun citra diri kita dulu kita rajin posting saat kita lari bersepeda atau main basket sama teman-teman kalau kita konsisten memposting di Instagram atau di media sosial akan terbentuk ketika mendengar langsung
  • melihat orang sahabat berpelukan di muka umum itu sangat bagus sekali anak itu bukan budaya kita tapi jangan kaget Ketika nanti kamu bermedia sosial kamu melihat ada orang dari negara itu mereka meskipun sahabat lawan jenis mereka berurutan itu hanya sebagai menunjukkan tanda kedekatan kasih sayang itu mereka budaya mereka dari bulu seperti itu Jadi kalian harus memahami perbedaan itu Dan menghargainya kalau kamu menjadi orang yang mampu melihat perbedaan dan mampu menghargai sehingga kamu memiliki jiwa yang pikiran yang terbuka sekali kamu nanti ketika berinteraksi di dunia sosial kamu nggak akan kesulitan ini kamu akan diterima karena kalau orang yang gampang itu nanti orang lain merasa kita ini benar seperti itu memahami dunia luar dan hargai Apa yang kamu lihat ini juga akan mudah diterima di banyak komunitas di berbagai daerah di berbagai belahan dunia apa ya jangan lupa lebarkan sayapmu melalui media sosial juga bisa itu akan membantu kamu semakin memperluas jejaring dan koneksi kamu jangan hanya menggunakan media sosial untuk misalnya hal-hal yang kekayaan dengan orang-orang yang mungkin sesuai dengan minat dan bakat di dunia nyata yang pernah kamu kenal misalnya kamu jangan sampai melupakan orang apa aja manfaatnya apa manfaatnya Ketika saya akhirnya bisa menulis internasional untuk itu awalnya karena di media sosial ada seseorang yang saya kenal hanya di media sosial tulisan-tulisannya bahasa Inggrisnya
  • mendapatkan informasi yang penting tidak hanya berita dari teman atau rekan yang sudah terpisah jauh misalnya kalau dulu nggak ada apa telepon-telepon itu semuanya orang telepon Kalau sekarang hampir seluruh orang baik di kota maupun di pelosok Desa mereka memiliki yang namanya smartphone atau media yang lain Jadi kamu bisa tetap update informasi penting. informasi dan wawasan dan pengetahuan kamu juga bisa kok mendapatkan informasi tentang pekerjaan contohnya kalau kalian nanti kuliah jangan lupa bikin akun misalnya karena itu yang sangat banyak orang profesional di sana akademisi di sana mereka membagi postingan tentang frekuensi Yanto lowongan pekerjaan jadi kalau anak zaman sekarang itu biasanya memang kalau sudah masuk ke dunia kampus profesional pekerjaan mereka akan membuka akun yang harus jangan hanya tahu yang itu-itu saja coba cari yang lain yang lain yang membantu kamu mengembangkan diri mendapatkan informasi penting tentang pekerjaan ataupun tentang beasiswa ini tadi dia juga membantu kamu mendapat informasi penting informasinya belajar keterampilan berkomunikasi secara online ada orang yang menyepelekan untuk berinteraksi secara online karena belum tahu manfaatnya kita lihat satu persatu pertama kita akan merespon komentar orang lain kita akan belajar menanggapi pendapat orang lain secara online terus kita juga bisa belajar berdiskusi secara terbuka karena kadang ada tulisan tulisan atau posting postingan unggah unggahan yang untuk orang berdiskusi di situ kamu dengan pendapat bahwa belajar menerima pendapat orang lain secara terbuka

Talks 3 : Budaya Digital : Menjaga dan Mendidik Anak diEera Digital

– Hidayati, S.Pd   –  Guru Matematika Sma Negeri 1 Nunukan

 

  • menambah pengetahuan dan menjadi panutan disini maksudnya adalah orang tua seperti ini jadi orang tua wajib menambah pengetahuannya tentang literasi digital di mana dia tahu apa saja yang ada di gadget anaknya seperti itu Nah kalau misalnya Bagaimana dengan orang tua yang Seandainya hidup besar di zaman bukan zaman digital seperti ini kalau misalnya saya punya anak itu kan pasti sudah melewati perkembangan. kita yang sudah melewati masa itu tidak terlalu sulit tapi ketika orang tua yang melewati. hari ini setidaknya kalian nanti bisa pasti orang tuanya kemudian orang tua juga harus menjadi panutan ini penting sekali jadi kita orang tua harus bisa menjadi panutan yang baik ketika kita ingin anak-anak itu baik dalam penggunaan teknologi yang kedua adalah membangun komunikasi yang baik dan mengarahkan penggunaan perangkat perangkat dan media digital dengan tepat jadi ketika kita ingin mengajukan si anak-anak kita tidak boleh seperti ini bawa ini konten-konten ini tidak boleh ya nanti seperti ini tidak boleh dilihat dan sebagainya yang baik ini adalah konten yang tidak baik Nah itu perlu dibangun dengan yang lain tidak langsung tidak boleh di dalam hatinya sehingga yang tadinya tidak boleh melakukan yang ketiga adalah dengan interaksi di dunia nyata seperti yang dikatakan tadi bahwa ada keseimbangan antara benar-benar bisa
  • Mereka ingin mengakses sesuatu Mungkin kita bisa mendampingi masuk kepada poin yang kelima yaitu mendampingi dan berinteraksi jadi ketika kita mendampingi Si Amat maka kita juga melakukan interaksi mungkin dalam mengajak anak-anak berpikir kritis tentang tayangan-tayangan apa saja yang mereka lihat kemudian dampak positifnya Apa dampak negatifnya apa seperti itu nilai-nilai baik apa yang ditayangkan oleh konsumen tersebut itu yang bisa kita kita ambil ketika atau kita ajarkan ketika kita mendampingi dan berinteraksi dengan menggunakan perangkat digital secara bijaksana ini maksudnya gunakan perangkat itu dengan baik artinya kalau memang waktunya sudah sudah harus dicas itu dicharge jangan dicas sambil berselancar di dunia maya itu tadi peran orang tua untuk menjaga anak-anak terhindar dari beragam beragam dampak negatif penggunaan teknologi digital selanjutnya ini adalah bagaimana orang tua mendidik anak diera digital di sini saya bagi menjadi 4 bagian yang pertama adalah usia 2 sampai 3 tahun kemudian usia 4 sampai 7 tahun
  • untuk mendiamkan si anak dari tangisannya atau tidak ingin terganggu dengan pekerjaannya mereka memberikan media digital sebagai penggantinya . jadi harus diajarkan anak bawah ini lho Ini lho fantasi seperti itu adalah Jadi kalau misalnya ada adegan di mana kartunya itu terbang dan sebagainya lantas di anak ingin mendirikan itu kan berbahaya jadi anak harus tahu bahwa itu adalah berikutnya adalah anak usia 8 sampai 12 tahun .

 

Panelist 1 : topik

(Nama, Title) TIDAK ADA

 

 

Key Opinion Leader

(nama, title)

  • masakan atau minuman cara tentang menggunakan make up dengan baik dan benar karena kamu bisa lihat dari mereka gimana caranya untuk tutorial make up ala Mereka kemudian ada konser ada unsur-unsur liburannya gitu Ya sepertinya paling kita cari gitu ya Jadi kalau misalnya teman-teman. ya kayak biasanya kalau kalian lihat Instagram yang digembok habis tuh kayak following dan followers apa enggak terlalu jauh bedanya misalnya 600-700 ada kita kan ya nanti keluarnya itu kan mereka mereka ada orang yang biasanya Cuma beneran mau temenan sama orang lain. sosial media. atau mungkin nemuin tempat kuliner yang Oke gitu yagua dapat informasi suatu maksud bagikan lagi apa itu berpotensi untuk Cipta yang ternyata menjadi pelaku penyebaran tersebut gitu Jadi sekarang bukan teman-teman Kalau sebelum sesuatu dilihat dulu apakah beritanya benar atau tidak udah bukan sekali lagi tapi double check bahan triplek cek itu ya jadi saring sebelum sharing juga kalau dulu Mulutmu harimaumu sekarang jempolmu harimaumu Jadi jangan sampai kita menyebarkan informasi buruk orang lain takutnya ada orang di luar sana yang nggak kayak kita nih kita kita yang beruntung banget bisa dapetin materi literasi digital seperti sekarang ini gitu yang akhirnya kita edukasi bahwa kalau kita menerima suatu berita kita harus menumbuhkan critical thinking itu apakah ini beritanya beneran lainnya biasanya headline ya kalau udah banyak udah dan biasanya banyak unsur-unsur di dalamnya gitu kemudian kalau kita udah bisa menyaring itu kita bikin harus diperhatikan bagi diri kita juga kita jangan sampai jangan sampai jadi orang yang membagikan informasi yang belum tentu kebenarannya dan sebagai kita yang mungkin untuk membagikan yang cuma lihat-lihat doang itu ya kalau ada informasi kayak gitu begitu aja jangan gitu kira-kira nih ada yang lainnya Biasanya kalau udah setahun kemudian juga temen di sini sosial media gitu ya mentang-mentang Lagi rebahan di kasur orang suka menari dan juga akhirnya menyebarkan ya sekalian ngasih sebuah komentar yang mungkin kayak gitu kamu bisa bayarnya enggak Kalau kamu yang diposisikan seperti itu kita harus sadar bahwa apapun yang kita
  • kalau kita mengatakan yang baik atau yang menyenangkan hati orang yang harus dikomentari

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk selalu aktif bertanya di kolom chat, dan selalu mute audio, dan jangan coret-coret layar
  • Ada hadiah untuk penanya terpilih dan yang mengupload keseruan acara di feed ID dengan folllow dan mention IG siberkresi
  • Jangan lupa untuk mengisi absen dan mengejakan soal postest dan pretest untuk mendapatkan e-sertifikat

 

Penanya :  Nabila hal seperti itu terjadi dan ternyata memberikan dampak yang luas bagaimana sebaiknya kita menyikapi begitu terkenal

Jawaban :

–          Narsum 1 : kembali saya sudah dekat saya bagaimanapesan di WhatsApp yang lainnya bisa kita dengar itu dimungkinkan kita kita sudah memahami bahwa apa yang kita untuk membaca semua orang. sudah tersebut Dan harapannya cukup dihentikan sampai jadi tersebut tidak melebar atau menimbulkan yang lebih besar kita bisa mengambil jawaban tersebut dari 2 yang kedua.

 

Penanya :  jauh masuk ke dalam dunia maya sehingga terkadang tidak bisa lagi panggilkan antara dunia nyata dan dunia maya untuk menjawab.

Jawaban :

–          Narsum 1 : sudah bisa dikatakan kecanduan ya dan itu memang membutuhkan mungkin dukungan orang dari orang terdekat terdekat nya jadi lingkungan terdekatnya ketika dia sudah tidak sadar bahwa dia sedang kecanduan tapi dia merasanya seperti ini aku nggak bisa lah pasti harus mencari tempat untuk mengatasi masalahnya yang jelas bagi anak-anak sekarang yang mengikuti kalau kalian sekarang merasa benar-benar kecanduan Emang tolong dikurangin itu kan memang tidak mungkin agak susah ya mungkin kalian mulai membuat jadwal satu hari mungkin akses kegiatan medsosnya hanya seberapa kali Lalu jadwalkan ada satu aktivitas yang kalian lakukan tanpa teknologi digital tanpa medsos kebiasaan kalian terlalu masuk di media sosial pada diri sendiri itu caranya kalau kalian terus mengikuti akan semakin susah maupun sekarang masih sadar mungkin 1 hari karena ada satu atau dua jam hal yang kalian lakukan tidak melibatkan teknologi digital tidak melibatkan media sosial seperti itu lah konsisten ya komitmen butuh bantuan pada orang tua pada bantuan teman-teman yang bisa membantu kamu mengingatkan kamu Ya itu aja.

Penanya :  pertanyaan untuk narasumber ketiga yaitu kali ini dengan pertanyaan Bagaimana kita menyikapi beberapa orang yang tidak suka dengan konten yang kita bagikan tetapi mereka tetap mengikuti semua sosial media kita hanya untuk menyebarkan kebencian ini haters.

Jawaban :

–          Narsum 1 : di sini ya nggak usah dengerin haters itu beneran buang-buang waktu dan juga membuang-buang energi kalian untuk fokus kepada orang yang tidak suka dan juga tidak mendukung kamu kita harus fokus pada orang yang mendukung kita yang tahu cerita kita yang tahu seberapa dalamnya kita untuk menjalani sesuatu itu sebetulnya ini adalah poin yang bagus dan ini juga termasuk cukup lama untuk mendalami apa ya untuk diperhatikan gitu Jadi ini adalah itu kalau emang mereka benci sama kamu. sosial media harus mintanya bajak nggak boleh baper itu ya nggak boleh gampang tersinggung nggak boleh dikit-dikit sakit hati itu sendiri daun senggugu ngapa-ngapain itu nggak boleh jadi kalau misalnya dia kayak gitu mungkin kalau misalnya Menurut kalian dia ngatain sesuatu tapi ada poinnya Kayak misalnya ini enggak ada yang mau gue tanya gue kemarin sekalian bikin video tutorial.

 

Penanya :  media sosial dan bagaimana cara meminimalisir nya gua ini menarik eksploitasi anak sebenarnya tapi mungkin lebih rendah biasanya Ibu Hidayati.

Jawaban :

–          Narsum 1 : tentang eksploitasi anak yang Sedang marak di media sosial saat ini seperti kita tahu bahwa eksploitasi anak itu artinya memanfaatkan anak untuk memperoleh keuntungan sebenarnya hal ini tidak dibenarkan ya jadi ini Mungkin kurangnya kesadaran orang tua bahwa anak itu bukan untuk dieksploitasi tapi ketika dalam usia usia yang rentan seperti itu jadi seperti usia kita lihat banyak sekali mungkin dari 2 sampai 7 dan seterusnya kita sadari bahwa anak ini tidak dieksploitasi kata dieksploitasi untuk memperoleh keuntungan tertentu tetapi ketika anak ini dikembangkan bapaknya atau dikembangkan posisinya kemudian di upload di Youtube dalam beragam konten media sosial itu tidak dipermasalahkan yang jadi permasalahan apabila si anak ini dieksploitasi untuk memperoleh keuntungan tertentu hujan ini sebenarnya tidak boleh tidak dibenarkan Orang tua harus sadar bahwa ini adalah sesuatu yang salah jadi perlunya refleksi diri dari orang tua bahwa media digital itu harus dilakukan secara tepat bahwa untuk mengembangkan potensi anak menjadi lebih baik tapi tidak untuk mengeksploitasi si amat memperoleh keuntungan inilah pentingnya mengadakan program literasi digital di daerah untuk mengedit pasti semuanya jadi tidak hanya sebagian sebagian orang tertentu tapi semuanya termasuk orang tua yang sangat berperan penting dalam menggunakan teknologi digital secara tepat jadi pendapat saya bahwa jika dianggap dieksploitasi untuk memperoleh keuntungan itu sebenarnya tidak diperbolehkan oleh anak tersebut jadi ada perasaan tertekan oleh kiamat yang tidak bisa dia tapi dia nah ketika si anak merasa nyaman mengembangkan potensinya dalam media sosial dan sebagainya maka itu diperbolehkan jadi orang tua harus bijak dalam menghadapi era digital ini sehingga bisa benar-benar membimbing anak untuk bisa menggunakan teknologi digital secara tepat seperti itu mbak Septi.

 

Jumlah participant terbanyak pada sesi ini :

375

 

Conclusion/Kesimpulan Webinar :

  • dikatakan adalah penyebaran hoax yang masih kemungkinan disebabkan oleh adanya penyakit yang diderita masyarakat di era seperti sekarang yaitu fear of missing out sehingga mendorong orang merespon cepat kabar yang diterima begitu saja cara mengenali house tidak menggunakan unsur 5W 1H ciri-cirinya sumber daya tidak dipercaya gambar foto video rekayasa kalimat provokatif dan juga unsur politis dan saran ya ini dampak positif media yaitu mampu membuat personal branding memahami dunia luar memperluas koneksi mendapatkan informasi penting komunikasi online yang juga sebagai portofolio dan untuk bijak bermedia sosial fokus pada apa yang kita bagikan seri sebelum saring saring sebelum cari untuk saya dan positif atau memberikan ekstrak dengan kejahatan di sosial media dan ibu Hidayati menjaga dan menjadi anak daerah dampak teknologi digital menghasilkan dampak positif dan negatif dan peran orang tua di sini tuntut untuk menambahkan pengetahuan dan menjadi panutan yang kedua membangun komunikasi yang baik dan mengarahkan pengguna perangkat dan media digital yang tepat waktu penggunaannya meminjamkan perangkat sesuai kebutuhan mendampingi dan berinteraksi dan juga yang terakhir menggunakan perangkat yang secara bijak luar biasa sekali baik waktunya saya memberikan informasi kepada teman-teman di sini.

 

Catatan pembelajaran kegiatan :

  • Kesalahan Teknis :
    • TIDAK ADA

 

  • Kesalahan Non Teknis :
    • TIDAK ADA

 

  • Sesi narasumber paling menarik dan alasannya
    • TIDAK ADA

 

  • Sesi narasumber kurang menarik dan alasannya
    • TIDAK ADA

 

  • Peserta yg mendapatkan Gimmick :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.