Friday, December 3rd, 2021

Press Release Berdemokrasi Di Era Digitalisasi 09 September 2021 – Bulungan

Moderator : Shabrina Anwari

LO :  junior

Runner : Andre & Fitroh

Narasumber :

Local :

  1. Durrotul Machfiyyah, S.Pd​ (Guru SMK Negeri 1 Tanjung Selor)
  2. Dwi Harsunue Putra, S.T. (Staff Pelaksana Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Utara)

Nasional :

  1. Audita Harsono (Underwater Videographer, Scuba Diver Instructor)

KOL : Yunike Pebryana (Singer & Freelancer)

 

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

 

Welcoming Speech oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika:

 

  • Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Siberkreasi akan terus berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan.
  • Mari kita ciptakan inovasi – inovasi yang baik, kita ciptakan masyarakat yang semakin paham digital di era digitalisasi ini, agar kita bisa melewati pandemi menjadi lebih baik dari masa sebelumnya.
  • Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, selamat mengikuti kegiatan ini, tetap semangat dan salam literasi digital.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat ( Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum. Gubernur Kaltara )

  • Berdasarkan Survei APJII di tahun 2020, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa dimana mereka mengakses internet lebih dari 8 jam dalam sehari.
  • Program Literasi Digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan inklusif. Target program ini di tahun 2021 adalah sebesar 12,5 juta masyarakat Indonesia yang terliterasi digital.
  • Untuk meraih target peserta tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Pemerintah Daerah Banjar melaksanakan rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Desember tahun ini.

Panelist 1 : Cakap Digital : Upgrade Personal Branding Di Dunia Digital

– Audita Harsono

Underwater Videographer, Scuba Diver Instructor

  • Moderator : Bisa dijelaskan sedikit tentang Personal Branding kak?

Narasumber : membrending melalui underwater vidiogravi. Lebih share mengenai dunia bawah laut di negara kita.

  • Moderator : Untuk profesi apa saja sih kita membutuhkan “Personal Branding”?

Narasumber : memiliki kemampuan masing2. Mencari kelebihan yang ada di dalam diri dan menggali kelebihan tersebut.

  • Moderator : Dan apa yang bakal terjadi jika kita tidak melakukan hal tersebut?

Narasumber : harus memiliki akar kondision dalam membranding diri. Harus memilki keunikan tersendiri.

  • Moderator : Apa saja metode2 yang bisa dilakukan untuk melakukan Branding tersebut?

Narasumber : harus berhati2 dalam berinternet karena bisa menjadi jejak digital yang tidak bisa di hapus begitu saja. Jangan sembarangan dalam membuat sesuatu di media sosial.

  • Moderator : Biasanya butuh berapa lama untuk kita bisa berhasil membentuk brand diri (personal branding) sesuai yang kita harapkan?

Narasumber : sekitar 2-3 tahunan untuk membuat personal branding. Tidak pasti berapa lama untuk membuat personal branding tetapi harus dijalani secara bertahap.

  • Moderator: Ada kiat atau pesan dan tips untuk para partisipan di rumah jika mereka ingin memulai atau mencoba melakukan kegiatan “personal branding” tersebut?

Narasumber: jadilah diri sendiri, carilah keunikan yang kita miliki dan memiliki ciri khas sendiri.

Talks 2 : Etika Digital : Etika Pelayanan Dalam Berbisnis Digital

– Durrotul Machfiyyah, S.Pd​

Guru SMK Negeri 1 Tanjung Selor

  • Etika berasal dari Bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti watak, tingkah laku seseorang. Sedangkan di dalam Bahasa inggrisnya disebut Ethic, yang merupakan sebuah prinsip benar atau salah yang digunakan seseorang yang bertindak sebagai pelaku moral yang bebas untuk membuat keputusan untuk mengarahkan perilakunya.
  • Etika Bisnis dapat diartikan sebagai Peraturan tidak tertulis sebagai landasan norma dan perilaku yang harus dipatuhi oleh seluruh lapisan dalam perusahaan.
  • Dengan menjalankan etika bisnis yang baik, sebuah bisnis bisa mendapat nilai dan kepercayaan lebih dari masyarakat (konsumen), negara, dan bahkan kompetitor
  • Satu jenis usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menciptakan produk maupun dalam pemasaran produk itu sendiri. Dapat dilakukan melalui Sosmed, website, aplikasi. Contoh bisnis digital yang paling terkenal adalah e-commerce atau perdagangan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet. Beberapa contoh e-commerce yang telah mempunyai sistem keamanan baik adalah Shopee, Tokopedia, Lazada maupun Bukalapak.
  • Prinsip etika bisnis digital : Memiliki kejujuran yang tinggi, Tidak melakukan kecurangan dalam bentuk apapun

Talks 3 :  Key Opinion Leader Keamanan Digital : Menganalisis Cyber Bullying Dan Menghentikannya

– Yunike Pebryana

Singer & Freelancer

  • Merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar untuk merugikan atau menyakiti orang lain melalui penggunaan komputer (jejaring sosial dunia maya), telepon seluler dan peralatan elektronik lainnya
  • Segala bentuk kekerasan (diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan) yang dialami anak/remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet,teknologi digital atau telepon seluler.
  • cyber bllying pelaku dan korban berusia dibawah 18 tahun dan secara hukum belum dianggap dewasa. cyber harrasment salah satu pihak yang terlibat atau keduannya sudah berusia diatas 18 tahun
  • bentuk-bentuk cyberbullying : Flaming (perselisihan yang menyebar), Harassment (pelecehan), Denigration (fitnah), Impersonation (meniru), Outing and trickery (penipuan), Cyber-stalking (penguntitan di dunia maya)
  • Cyberbullying : Berkata Kasar, Body Shaming, Menyebarkan Kebohongan, Mempermalukan Orang Lain, Ngehack Akun Orang Lain, Mengucilkan

Talks 4 : Budaya Digital : Cara Dan Legalitas Bayar Tagihan Online

– Dwi Harsunue Putra, S.T.

Staff Pelaksana Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Utara

  • Literasi digital adalah sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi.
  • Kecakapan literasi digital yang bagus tidak hanya mampu mengoperasikan alat, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.
  • Partisipasi dan Kolaborasi merupakan salah satu kompetensi penting literasi digital, utamanya adalah partisipasi kita sebagai warga digital yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki hak dan kewajiban dalam pembangunan Ekonomi, Politik dan Kebudayaan
  • Komponen yang diperlukan dalam transaksi online : Store/Marketplace, Penjual dan Pembeli, Payment Gateway, Jasa Pengiriman

Informasi lainnya yg disampaikan oleh Moderator:

  • Tata tertib berlangsungnya webinar
  • Cara peserta memenangkan gimmick dan absen+posttest
  • Kesimpulan materi dari setiap narasumber

Question And Answer

Penanya :

NAMA : Arkana Dita

NARASUMBER : kak Audita Harsono

PERTANYAAN : Bagaimana tanggapan kakak jika ada seseorang yang kagum dengan branding kita, lalu dia menjadikan kita referensi tapi malah sama persis postingannya?

Jawaban :

Kalau menurut saya sah saja karena setiap orang punya hak mengikuti siapa yang di ikuti, kita lihat positifnya saja jika ada orang yang mengikuti kita sampai sama persisi. Jadi selama kita penuh dengan kreatifitas kita bisa membuat hal baru dan jika ada yang mengikuti jangan jengkel namun kita juga harus membuat hal – hal baru. Jika kita punya sesuatu yang unik kita tidak perlu memikirkan namun yang meniru akan memikirkan apa yang kita lakukan, jadi jadikan itu penyemangat kita membuat konten baru.

Penanya :

NAMA : riana situmorang

NARASUMBER : bu durrotul

PERTANYAAN :  bagaimana cara mengingatkan orang yang suka curang dalam berjualan?

Jawaban :

Kita tetap positif pada penjual tersebut walau tidak sama dengan deskripsi, jika mau berkomentar kita bisa komentar di link penjualan dengan kita memohon maaf dulu dan dengan bahasa sopan, namun jika tidak mau berkomentar kita diam saja namun tidak usah membeli lagi disana.

Penanya :

NAMA :  rahmatun nazila

NARASUMBER : yunike

PERTANYAAN : dengan banyaknya public figure yang depresi, serta berita2 tentang cyberbullying, mengapa netizen tidak juga menyadari bahwa bullying, shaming itu sangat berbahaya?

Jawaban :

Ada banyak pelaku cyber bullying yang banyak dan tidak merasa sadar diri, itu kembali pada diri kita masing – masing ketika kita menanam hal baik kita akan sadar dan bagaimana kita mengkritik orang lain dengan bijak. Ada banyak kata – kata yang bisa kita pahami alangkah baiknya kita menggunakan bahasa yang sopan menggunakan prinsip berkaca sebelum berkomentar. Ada banyak dampak bagi korban cyberbullying dan jika itu melekat akan banyak anak muda yang tidak berani showup.

Foto Bersama