Pawai Takbir Mobil Hias Sudah Jadi Tradisi

0
3521
Pawai Takbir Mobil Hias Dilepas Gubernur Kaltara Irianto Lambrie


TANJUNG SELOR – Menyambut hari kemenangan hari raya idul fitri 1439 H, tradisi masyarakat Bulungan rutin mengadakan pawai takbir dengan menggunakan mobil yang dihiasi dengan beragam ornamen – ornamen masjid dan pernak – pernik lampu.

Peserta pawai langsung dilepas dari lapangan Agathis oleh Gubernur Kaltara Irianto Lambrie yang didampingi Wakil Gubernur Udin Hianggio, turut hadir Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit, Bupati Bulungan Sudjati dan beberapa pejabat lainnya.

Sekitar 20 mobil hias yang mengikuti pawai akan dilnilai oleh panitia penyelenggara, kreteria penilaian dilakukan dari kreatifitas atau bentuk ornamen masjid yang dibuat, kerapian, kekompakan dan termasuk alunan – alunan takbir yang dikumandangkan.

Irianto Lambrie mengatakan, tradisi yang sudah berjalan lama ini harus dilestarikan dan tetap dijaga,” saya berharap tahun – tahun berikutnya bisa lebih baik lagi, baik dari jumlah peserta dan kreatifitas peserta lebih ditingkatkan,”,ungkapnya.

Lanjut Irianto, selain syiar keagamaan dan rasa syukur kita kepada Allah swt untuk menyambut hari yang fitri, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan, diharapkan kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi hiburan untuk masyarakat lokal maupun pendatang, ujarnya. (kk).