Jelang Lebaran, Kapolda Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Kejahatan

0
1384
Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit Saat Melakukan Sidak Di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor.

TANJUNG SELOR – Menjelang lebaran, tindak kejahatan diperkirakan meningkat, mulai dari kejahatan jalanan ( streer crime ), penjambretan atau pencopetan di tempat- tempat keramaian dan juga perampokan di rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik atau liburan.

Untuk itu, Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati – hati dan sebelum meninggalkan rumah paling tidak masyarakat sudah memastikan kondisi rumah sudah aman saat ditinggal.

” Paling tidak kunci semua pintu dan jendela, kalau perlu pasang teralis besi, selain itu peralatan kompor gas dan listrik harus dipastikan aman untuk mengantiaipasi terjadinya kebakaran”,imbaunya.

Tak dipungkiri, kejahatan atau tindak pidana lainnya bisa terjadi karena kebutuhan masyarakat menjelang hari raya meningkat. Sehingga, bukan tidak mungkin jika banyak pelaku kriminal memanfaatkan situasi tersebut.

“ kejahatan harus ditangani bersama, perlu kerjasama dari semua pihak, termasuk pemilik rumah dan lingkungan sekitar harus bisa mengamankan segala sesuatunya dari ancaman kriminal, dan kalau ada sesuatu yang mencurigakan masyarakat segera laporkan ke polisi dan aparat terdekat lainnya”,jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolda menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kaltara yang akan merayakan Lebaran. Termasuk, para pemudik yang memasuki wilayah Kaltara.

Upaya yang dilakukan adalah dengan menambah personel pengamanan di tempat-tempat vital bertransaksi maupun tempat keramaian lainnya. Misalnya di bandara dan pelabuhan, pusat perbelanjaan atau di kantor bank untuk memberikan pengawalan terhadap nasabah yang mengambil uang dalam jumlah banyak, selain itu pihaknya juga akan meningkatkan patroli rutin untuk mendeteksi dan mencegah aksi kejahatan yang dilakukan para pelaku kriminal.(kk)