Mahasiswa di Tarakan Dibekali Kemampuan Komunikasi

0
1442

TARAKAN – Di era teknologi digital, tantangan ketenagakerjaan makin dinamis dan fleksibel. Baik sistem bekerja dan cara bekerja terus berubah. Hal ini memperlukan pemahaman lebih dini dari para calon angkatan kerja, termasuk para mahasiswa.

“Di era sekarang, orang lebih cenderung memainkan peran di dunia digital. Untuk itu personal branding sangat penting terutama dalam membangun jaringan. Banyak orang yang sukses dengan cara memanfaatkan dunia digital secara maksimal,” kata Head Corporate Communication FIFGroup Arif Reza Fahlepi, Rabu (25/04/2018).

Hal itu disampaikannya pada Weekly Forum bertajuk, Personal Branding Menuju Dunia Kerja di Era Digital yang dihelat di Auditorium Kampus Universitas Borneo, Tarakan. Menurut Reza, jika era digital ini dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi sarana yang sangat jitu untuk mengembangkan personal branding seseorang.

“Sebaliknya, kita juga harus menjaga sikap dan etika terutama di media sosial agar tidak mudah merusak personal branding yang telah kita bangun,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Kemahasiswaan Universitas Borneo, Ferry Hartono mengatakan pembekalan personal branding yang disampaikan FIFGroup dan SINDO Weekly di kampusnya. “Ini merupakan salahsatu upaya pendidikan yang penting bagi mahasiswa. Selain aspek akademis, para mahasiswa juga harus dibekali softskill yang dibutuhkan dunia kerja,” papar Ferry.

Weekly Forum yang digelar itu merupakan rangkaian dari Ekspedisi Tepi Negeri yang digelar SINDO Weekly. Ekspedisi ini merupakan upaya mempublikasikan program serta kebijakan pembangunan di daerah perbatasan sesuia dengan fokus program Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK, membangun dari pinggiran.

Selain melakukan Liputan Khusus, ekspedisi juga dilengkapi dengan Weekly Forum, sebuah acara talkshow dengan topik yang disesuaikan karakter dan kebutuhan daerah perbatasan itu. Ekspedisi Tepi Negeri akan menjangkau 8 daerah perbatasan dari Sabang-Merauke.***