Irianto Hadiri Undangan Gubernur Sulsel Di Toraja

    0
    512

    BERSAHABAT: Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bertemu Gubernur Sulsel Syahril Yasin Limpo di Buntao, Toraja Utara, Kamis (28/12).
    RANTEPAO – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mendapat kehormatan menyampaikan sambutan pada rangkaian upacara penguburan almarhum Siambe Samuel Sampelitak Danduru, orangtua Alfrita Danduru, anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel.

    Gubernur menyampaikan turut berduka atas kepergian almarhum. Selain itu, Gubernur juga menyerahkan 1 ekor kerbau untuk keluarga almarhum.

    Pada prosesi yang juga dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Bupati Toraja Utara tersebut, Gubernur pun menyampaikan terima kasih karena telah mendapat kesempatan ke Kabupaten Toraja Utara. Ini pertama kali saya ke Toraja, tapi orang Toraja tidak asing bagi saya, karena sejak kecil saya punya banyak teman orang Toraja, ujar Gubernur.

    Dikatakan Gubernur, orang-orang Toraja maupun suku lainnya di Sulsel, sejak lama banyak di Kalimantan, termasuk di Kaltara yang jumlahnya mencapai 32 persen. Karena itu, antara orang-orang Sulsel dengan Kalimantan memiliki hubungan kekerabatan yang erat. Di jajaran pemerintahan (Pemprov Kaltara) juga ada orang Sulsel, termasuk ada yang asal Aceh, Sumatra, Jawa dan penduduk asli Kalimantan, ujarnya.

    Jadi Kaltara itu sudah menggambarkan Indonesia secara keseluruhan, karena ada juga orang Papua di sana, tambah Gubernur.

    Gubernur juga berharap silaturahmi dan persahabatan antara orang-orang Sulawesi dan Kalimantan yang sejak lama sudah terjalin, selalu terpelihara dengan baik agar bersama-sama membangun bangsa. Kami dari Kaltara, juga menjalin kerja sama dengan Unhas (Universitas Hasanuddin). Anak-anak Kaltara juga banyak yang kuliah di Makassar, ujarnya.

    Di akhir sambutan, Gubernur pun secara khusus mengundang Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan istri untuk berkunjung ke Kaltara. Ini agar kekerabatan dan silaturahmi antara Kaltara dan Sulsel semakin erat. Begitu juga Bupati Toraja Utara dan istri kami undang ke Kaltara, kata Gubernur.

    Sehari sebelumnya, Rabu (27/12), Gubernur yang didampingi Asisten II H Syaiful Herman dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga sempat mampir di prosesi penguburan keluarga Direktur Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Samule Tumbo. Gubernur juga menyempatkan diri melihat beberapa objek wisata pada acara Lovely December undangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara. Tinjauan itu agar dapat menjadi referensi dalam pengelolaan sektor pariwisata di Kaltara.

    Kedatangan Gubernur Kaltara ke Toraja, mendapat sambutan hangat warga setempat. Banyak tokoh masyarakat yang menelepon saya. Mereka senang Gubernur Kaltara mau berkunjung ke Toraja, kata Ferdy Manurun Tanduklangi, Kepala ESDM Kaltara.(kk//hms)