DANBRIGIF 24/BC TERIMA GELAR KEHORMATAN ADAT DAYAK METUN DENGAN SEBUTAN “APUY SIALANG”

0
159

Tanjung Selor – Kolonel Inf Jones Sasmita yang baru menjabat Danbrig-24/BC lebih kurang 3 bulan mendapatkan gelar kehormatan Dayak Metun Sajau dengan nama Apuy Alang.

Gelar  tersebut disandang oleh orang nomor satu di jajaran Brigif-24/BC itu disaat melaksanakan kegiatan anjangsana dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika, HUT Ke- 8 Brigif-24/BC dan menyambut Hari Ibu yang Ke-89. Rangkaian kegiatan tersebut terpusat di Balai Adat Desa Metun Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bululungan, Selasa (26/12).

Penasehat Adat Dayat Metun Sajau Bapak Mulang dalam sambutannya menjelaskan sekilas tentang kebudayaan atau adat Dayak Metun. Menurutnya seluruh bangunan rumah adat termasuk ukiran dan gambar gambar yang terdapat di setiap pilar mempunyai maksud dan arti tersendiri.

Selain itu tokoh adat tersebut menuturkan bahwa secara turun temurun masyarakat Dayak Metun memiliki tradisi yang kuat, jiwa kebersamaan persatuan dan kesatuan juga menjadi salah satu ciri khas masyarakat dayak metun ucapnya.

Oleh sebab itu dengan rasa ketulusan dan penuh hormat tokoh adat tokoh masyarakat sepakat memberikan gelar adat kehormatan kepada Danbrigif-24/BC Kolonel Inf Jones Sasmita dengan Gelar Apuy Sialang.

Dikisahkannya bahwa Apuy Sialang adalah seorang pemimpin yang tegas dan bijaksana, selain itu Apuy Sialang adalah seorang pemimpin yang ramah dan bersahaja selain pemberani Apuy Sialang seorang kesatria. Sehingga masyarakat Desa Sajau Metun dari dulu hingga sekarang secara turun temurun selalu menghormati Apuy Sialang dan sudah dinobatkan sebagai pahlawan.

Hal inilah yang menginspirasi masyarakat Dayak Metun untuk memberikan gelar kehormatan kepada sang Komandan yang baru pertama kali berkunjung ke Desa Metun Sajau, ujar Penasehat Adat menambahkan.

Sedangkan Kepala Desa Metun Sajau Bapak Suto dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di bumi Kalimantan Utara khusunya di Desa Merun Sajau Kab Bulungan seraya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya di Desa Metun Sajau.” ini suatu kehormatan bagi kami atas kehadiran Bapak Dambrigif-24/BC beserta Ibu di  Desa Metun Sajau”, kata kepala Desa.

Sementara itu Danbrigif-24/BC Kolonel Inf Jones Sasmita mengatakan bahwa kegiatan anjangsana ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara keluarga besar Brigif-24/BC dan masyarakat Desa Metun Sajau.

Dimana dengan terciptanya suana yang harmonis antara TNI dan masyarakat ini merupakan modal utama kita dalam mencegah terjadinya upaya upaya bagi kelompok tertentu untuk  memecah belah sesama anak bangsa.

Dijelaskan bahwa Negara kita yang berdasarkan pancasila dan Bhineka tunggal ika sebagai alat pemersatu bangsa sudah final dan tidak bisa di tawar tawar lagi, ujar Kolonel Inf Jones Sasmita.

Disisi lain Danbrigif-24/BC merasa tersanjung dan sangat terhormat atas sambutan yang begitu luar biasa dari masyarakat Desa Metun Sajau. ” Saya dan keluarga begitu tersanjung dan bangga atas sambutan ini, tadinya kami hanya mau datang dengan acara biasa saja, tetapi diluar perkiraan acara penyambutan kami begitu meriah, pungkas Kolonel Jones Sasmita.

Seperti diketahui acara Anjangsana Danbrigif-24/BC dan Ketua Persit KCK cabang XL Brigif 24, diawali dengan penyambutan di pintu gerbang dan dikawal sampai menuju Rumah adat.
Dari sana Danbrigif-24/BC dan Istri  dibersilahkan untuk menyupit balon sebanyak tiga buah sebagai pertanda tamu diperkenankan masuk di daerah rumah adat dayak.

Selanjutnya sesepuh adat memberikan topi adat  dan kalung adat kepada Danbrigif-24/BC dan Istri dan barulah rombongan besama  ratusan masyarakat  menuju rumah adat dan disambut oleh tarian adat Dayak metun. Acara terus berlangsung sampai dengan tarian tunggal adat dayak oleh Danbrigif-24/BC dan Istri didampingi seorang tokoh adat yang disambut haru dan gembira masyarajat Desa Sajau.

Disela sela acara tersebut Danbrigif-24/BC memberikan bantuan uang dan sembako kepada orang tua (Lansia) yang memiliki ciri kuping panjang dan lain sebagainya. (kk//bc).