LPDBK Kucurkan Rp 50 M Bagi Pelaku Usaha Kaltara

0
120

TANJUNG SELOR – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDBK-UMKM) mengucurkan bantuan keuangan berjumlah Rp 50 Miliar untuk penguatan modal bagi pelaku usaha di Kaltara. Informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kaltara, Hartono, pada Rabu (25/10).

Menurut Hartono, dana yang dikucurkan tersebut tinggal menunggu jadwal pencairan dari LPDBK-UMKM. “Itu sudah ditawar dari Direktur LPDBK-UMKM  tinggal kita kapan menentukannya dan kita juga harus memberikan pemahaman kepada pihak LPDBK-UMKM bahwa Kaltara siap menerima dana itu karena kita sudah melakukan penandatanganan MoU Lembaga Dana Bergulir (LPDB). Sehingga kita usahakan dalam tahun ini kalau tidak sempat tahun depan,”kata Hartono.

Hartono juga menjelaskan dana itu akan dipinjamkan kepada pelaku usaha yang ada di Kaltara dengan bunga yang kecil sekitar 6 persen seperti Koperasi, UMKM. Selain itu pedagang kaki lima pun juga mendapatkannya, namun pelaku usaha yang dapat menerima pinjaman dana tersebut sesuai dengan aturan dan penilaian dari tim penilai.

“Teknisnya tim akan melakukan penilaian itu di lihat dari neracanya, usahanya seperti apa, perkembangan usahanya bagaimana. Dan itu bukan dari Disperindagkop saja yang menilai tapi ada tim terpadu, mungkin kita libatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) karena dana itu akan masuk di BPD, dan dinas-dinas terkait lainnya akan terlibat dalam penilaian,”papar Hartono.

Di samping itu Hartono mengatakan jika sudah selesai melakukan pertemuan dan memberikan pemahaman kepada pihak LPDBK-UMKM. Selanjutnya akan membuat peraturan dan persyaratan bagi pelaku usaha yang meminjam dana tersebut

“Untuk mendapatkan dana itu persyaratannya kalau koperasi minimal 3 tahun melakukan RAP dan dianggap sehat, kemudian ada anggotanya, isi peran pokok wajibnya kita lihat semua termasuk neraca dan asetnya juga ada jaminannya kalau koperasi punya lahan yang menjadi jaminan lahannya,”tuntas Hartono.(kk//hms)