Maraknya Pengguna Narkotika Menjadi Sorotan Serius DPRD Kaltara

0
241

Anggota Komisi IV DPRD Kaltara,  Effendhi Djuprianto

TANJUNG SELOR – Anggota Komisi IV DPRD Kaltara,  Effendhi Djuprianto mengatakan, guna penanganan korban pecandu Narkotika, Pemerintah Provinsi Kaltara dinilai perlu membangun panti rehabilitasi untuk para penyalah gunaan narkotika tersebut.
 
Usulan tersebut disampaikan Effendhi dalam agenda rapat kerja komisi IV DPRD Kaltara beserta Dinas Sosial Kalimantan Utara beberapa waktu lalu.

Penyalahgunaan Narkotika, kata dia, memang menjadi persoalan serius yang harus mendapatkan perhatian dan penanganan serius, pasalnya, Kaltara masuk dalam peringkat 4 secara nasional pengguna Narkotika dengan pelanggaran terbanyak.
 
“Kami usulkan segera, Dinsos Kaltara dalam hal ini untuk membuat rancangan panti rehabilitasi untuk para pengguna narkotika khususnya di kaltara. ,” kata Effendhi kepada Kaltarakita.com.

Dengan dibuatnya Panti rehabilitasi, menurut Effendhi, dapat menjadikan solusi permasalahan secara nasional ini. Dari data Lembaga pemasyarakatan di Kaltara, sekira 70 sampai 80 persen masuk dalam kategori para terpidana pelanggaran penyalahgunaan narkotika.

“Meraka (pecandu narkotika) juga butuh penyembuhan dengan cara di rehabilitasi karena mereka juga masyarakat,” lanjutnya.

Karena itu, ia mendorong Dinas Sosial mempertimbangkan usulan membangun panti rehabilitasi tersebut. “Kalau memungkinkan tahun depan sudah ada perencanaannya,” pungkasnya.(rs/kk).