“Sementara”Gedung Baru DPRD Bulungan Jadi Mapolda Kaltara

0
1420
Irjen Pol Unggun Cahyono Dan Jajaran Di Dampingi Drs Sanusi Asisten I Pemerintahan Provinsi Kaltara

TANJUNG SELOR – Terkait dengan pembentukan Polda Kalimantan Utara, Kapolri menugaskan langsung Irjen Pol Unggun Cahyono selaku Aslog Mabes Polri untuk meninjau langsung kesiapan lahan dikawasan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor.

Dalam kunjungannya kali ini, ikut mendampingi Karofaskon Slog Polri Brigjen Pol Drs Alfons Toluhula MH, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs M Naufal Yahya berserta rombongan yang langsung di sambut oleh Drs Sanusi Asisten I Bidang Pemerintahan, Sudjati Bupati Bulungan, Sarwani Ketua DPRD Bulungan, M Fachry Kapolres Bulungan, Mayor M Yuda Brigif 24/BC termasuk dari jajaran BPN Kabupaten Bulungan.

Setelah mendapatkan pemaparan rencana lokasi lahan untuk Mapolda, rombongan langsung meninjau ke lapangan untuk memastikan dan melihat langsung kondisi lahan yang berada di Gunung Seriang Tanjung Selor ini. Tidak hanya meninjau lokasi lahan, rombongan beberapa jendral Polri ini langsung meninjau ke rencana kantor Polda sementara di kilometer 9 tepatnya gedung baru DPRD Bulungan.

Irjen Pol Unggun Cahyono, usai meninjau kesiapan lahan maupun gedung sementara Mapolda Kaltara mengatakan, menurutnya, persiapan yang dilakukan baik dari intitusinya maupun pemerintah daerah sudah siap 100%, tinggal tindak lanjut persiapan personil dan administrasi pinjam pakai gedung, ulasnya.

“Lahan sudah ada, gedung sementara sudah mendpat persetujuan dari pemerintah kabupaten. Terkait personil akan kita tugaskan sebagian anggota dari Polda induk, yaitu Polda Kaltim, sedangkan terkait pegawainya kami masih menunggu dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan-RB)”,jelas Jendral Bintang dua ini kepada wartawan.

Ditempat yang sama, Sudjati Bupati Bulungan menyampaikan, terkait persiapan lahan Mapolda sudah menjadi kewenangan pemprov, pihaknya hanya mengeluarkan ijin penggunaan atau pakai lahan saja,semua sudah ditangani pemprov, kata Sudjati.

Sedangkan terkait dengan pinjam pakai gedung baru di kilometer 9, lanjut Sudjati, menegaskan, kalau surat persetujuan pakai sudah selesai, saat ini tinggal surat perjanjian dengan pihak Mabes Polri dengan Pemerintah Bulungan yang belum ditandatangani,”Dalam waktu dekat akan kami tindak lanjuti soal MoU pinjam pakai gedung ini, sementara kami akan berkoordinasi lebih dulu dengan jajaran termasuk dengan DPRD Bulungan,imbuhnya.(cw/kk)