Ribuan Liter Miras Dimusnahkan

0
407

 Pemusnahan Barang Bukti Miras 


TANJUNG SELOR – Polres Bulungan memusnahkan sebanyak 3400 liter minuman keras (miras) jenis tuak dan ciu. Pemusnahan miras dilakukan di halaman Polsek Tanjung Palas Utara (TPU), Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (8/8/2017).

Pemusnahan ini dihadiri oleh Kasat Sabhara Polres Bulungan, Camat Sekatak, Sekretaris camat Tanjung Palas utara dengan jajaran kepala desa diwilayah Tanjung Palas Utara, Para satuan ketua adat Dayak dan Tidung serta pelimik Barang Bukti .

Ribuan liter miras jenis tuak dan ciu itu didapat dari hasil Pengungkapan Kasus dari bulan juli 2017 yang digelar Polsek Tanjung Palas Utara. Hal ini dilakukan untuk menekan penyakit masyarakat yakni peredaran miras.

“Miras-miras itu ada yang merupakan hasil Operasi Cipta Kondisi dari tiap-tiap polsek kemudian dikumpulkan di polsek  Tanjung Palas Utara untuk dimusnahkan,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Muh Fachry kepada wartawan seusai pemusnahan.

Dia mengatakan ribuan miras yang dimusnahkan, diantaranya barang Bukti sebanyak 550 liter, miras jenis tuak yang disita pada sabtu (5/8/2017) lalu di RT 003 Mentadau Desa Sekatak Bengara Kec. Sekatak Kab. Bulungan dan total keseluruhan sebanyak 2500 liter jenis ciu, untuk sisa barang bukti sebanyak 350 liter sudah langsung dimusnahkan di tempat kejadian perkara.

Ribuan liter minuman beralkohol tersebut dimusnahkan dengan cara dibuang di salah satu parit sedalam satu setengah meter dengan dialiri air. 

Fachry menghimbau kepada masyarakat agar turut serta memberantas segala bentuk penyakit masyarakat. Bila mengetahui adanya peredaran miras untuk segera melaporkannya. Sebab sejumlah tindakan kriminal seperti pencurian, begal, bahkan hingga pembunuhan bisa berawal dari minuman keras.

“Operasi ini bukan hanya waktu tertentu saja, tapi juga selama ada tindak penyalah gunaan penyimpanan atau pun penjualan miras apapun jenisnya tetap kita akan tindak,” tutupnya.(RS)