“DPRD”Transportasi Air Harus Sesuai SOP

0
399

TANJUNG SELOR – Kejadian naas yang menimpa transportasi jalur air yang menghubungakan daerah di Kaltara sehingga mengakibatkan terbaliknya Speedboot Reguler SB Rejeki Baru patut dijadikan pelajaran oleh banyak pihak agar kejadian yang menewaskan 10 korban itu tidak terulang kembali.

Mengingat hal tersebut, Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) beserta beberapa instansi terkait akan melakukan pertemuan guna membahas dan mengevaluasi transportasi perairan di wilayah Kaltara. 

Ketua DPRD Kaltara, Marten Sablon mengatakan, pertemuan dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara dan Dinas Perhubungan Kota Tarakan ini bertujuan guna membahas perbaikan pelayanan yang ada dipelabuhan tengkayu 1 Tarakan. 

“dalam pertemuan nanti akan membahas terkait Standar Opersional Prosedur (SOP) yang ada di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan yang selama ini ,” Ujarnya kepada Kaltarakita.com belum lama ini. 

Tak hanya itu, lanjutnya, Marten meninta adanya perbaikan dan pembenahan terkait transportasi air ini,baik terkait dengan kelayakan speedboat maupun SOP yang harus dilakukan. Hal tersebut di pertegas Ketua DPRD Kaltara bertujuan demi meningkatkan kualitas jaminan keselamatan bagi para penumpang. “Harus memenuhi standar SOP agar menghidari terjadinya kecelakaan,” ungkap Marten Sablon.

Berkaitan dengan Ketentuan Standar Oprasional Pelayanan (KSOP), DPRD Kaltara juga menyebutkan pelayanan yang terjadi di pelabuhan Tengkayu I Tarakan masih belum memenuhi standar pelayanan. “Pada implementasinya di lapangan kurang menerapkan SOP tersebut, sehingga hal yang tidak kita inginkan ini bisa terjadi. ” ujarnya.

Marten menyarankan penjualan tiket penumpang harus sesuai dengan kapasitas SpeedBoot yang digunakan agar tidak terjadi over kapasitas sehingga mengakibatkan kecelakaan. 

“kalau loket ada perhitungan yang sesuai dengan kapasitas penumpang sehingga tidak over jadinya.,” jelasnya. Untuk itu pihaknya mengharapkan agar instansi terkait untuk segera menerapkan penjualan tiket hanya di satu tempat yaitu pada loket penjualan tiket saja.(adv//RS).