​Kesadaran Uji KIR Masih Minim

74
804

TANJUNG SELOR – Pengujian kendaraan bermotor atau yang biasa disebut dengn nama KIR memang merupakan aturan yang dibuat untuk meminimalisir angka keceakaan akibat kendaraan yang tidak layak operasi. Meskipun begitu, kesadaran akan KIR sendiri dirasa masih kurang terebih di Bulungan.

Dikatakan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Bulungan Mulyono, Sampai dengan bulan ini, ada penigkatan di bandingkan tahun kemarin. Namun bgitu, untuk angkutan umum sendiri yang jumlahnya 331 di Bulungan hanya sedikit yang melakukan uji KIR.
“Angkutan umum ini, jumlahnya 331 unit terdiri dari trayek kota atau A trayek pedesaan atau B. Trayek C di tanjung palas. Kalau kita lihat kendaran itu yg masihbkelihatan trayek A. B dan c ini sepertinya sudah tidak beroperasi. Namun tetap hatus mengurus kir jika tetap jalan,” jelasnya seraya mengatakan, Jumlah 65 angkutan umum yang melakukan uji KIR dirasakannya masih minim kesadaran dan kelihatannya banyak yang tidak beroperasi.
Prosedur melakukan uji KIR sendiri dijelaskannya, ketika habis masanya pemilik kendaraan membawa buku kir, fisik kendaraan dan dokumen ainnya yang diperlukan.  Hal ini berguna untuk mencegah atau memperkecil kecelakaan lalulintas dan gangguan terhadap lingkungan, termasuk suara bising juga.

“nanti jika ada bagian yang memenuhi ambang batas kita berikat saran untuk perawata,” terangnya.

74 COMMENTS

  1. 17227 879191This really is a good topic to speak about. Sometimes I fav stuff like this on Redit. This write-up probably wont do effectively with that crowd. I will be confident to submit something else though. 621833

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here